RAPID APPLICATION DEVELOPMENT BERDASARKAN ISO 9126 UNTUK MENCIPTAKAN MEDIA TRANSPARASI INFORMASI PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) DI KOTA KAYU AGUNG

Jaka Purnama - [ https://orcid.org/0000-0001-9594-5557 ]
Darius Antoni
Muhamad Akbar

Abstract


Penelitian ini adalah untuk meyediakan sebuah media untuk palayanan informasi tentang Pajak Bumi dan Bangunan Daerah di Kota Kayu Agung. Dengan menggunakan ISO 9126. Dalam pengembangan parangkat lunak pada penelitian ini menggunakan metode perancangan RAD dan penggambaran sistem menggunakan FlowChart, Diagram Konteks, Level 0, dan ERD, kemudian untuk membangun aplikasi ini peneliti menggunakan bahasa pemrograman web(HTML, CSS, PHP, dan Javascript) lalu menggunakan basisdata MySQL versi MariaDB. Dan hasil akhir dari perangkat lunak ini berupa sebuah web service yang disediakan sabagai media pelayanan informasi Pajak Bumi dan Bangunan dengan nama Service Informasi Alokasi Pada Pajak Bumi dan Bangunan (SIAP PBB) di Kota Kayu Agung.

Keywords


SIG PBB; pelayanan informasi PBB; RAD; ISO 9126

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sidharta I, Wati M. Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Urunan Desa (URDES) Berdasarkan Pada Pajak Bumi Dan Bangunan. Jurnal Computech & Bisnis. 2015;9(2):95-107.

Saputro R. Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (Pbb P2) terhadap Peningkatan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD)(Studi pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya). Jurnal Mahasiswa Perpajakan. 2014;2(1).

Adelina R. Analisis Efektifitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terhadap Pendapatan Daerah di Kabupaten Gresik. Jurnal Akuntansi Unesa. 2013;1(2).

McConnell S. Rapid development: taming wild software schedules: Pearson Education; 1996.

Kadir A. Konsep & Tuntunan Praktis Basis Data: Penerbit Andi; 1999.

Pohan HI, Bahri KS. Pengantar perancangan sistem. Jakarta: Erlangga. 1997.

Bentley LD, Dittman KC, Whitten JL. Systems analysis and design methods: Irwin/McGraw Hill; 2000.

Kadir A. Pengenalan sistem informasi: Andi; 2003.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3401

Article Metrics

Abstract views : 7| PDF views : 0

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: