ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN METODE HAZOP DAN PENDEKATAN ERGONOMI (Studi Kasus: UD. Barokah Bantul)

Iva Mindhayani

Abstract


Setiap pekerjaan memiliki potensi bahaya (hazard) dan apabila tidak dikendalikan dengan baik ada kemungkinan potensi bahaya yang ada bisa beresiko menyebabkan terjadinya kelelahan, keluhan muskuloskeletal, resiko cedera bahkan kecelakaan kerja. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membantu  UD. Barokah mengidentifikasi potensi bahaya terhadap keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang terjadi, sehingga dapat dilakukan pengendalian dan pencegahan terhadap bahaya yang muncul di tempat kerja. Untuk mengetahui adanya potensi bahaya dari segi ergonomi digunakan kusioner NBM dan QEC, sedangkan untuk mengidentifikasi potensi bahaya yang ada dengan menggunakan metode HAZOP. Hasil analisis potensi bahaya diketahui bahwa sumber bahaya yang dapat atau berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja adalah sikap pekerja, kondisi lingkungan kerja fisik, lantai licin karena adanya tumpahan tepung terigu dan adonan bahan pembuatan kerupuk. Selain itu,  diketahui bahwa terdapat resiko ergonomi yang dalam pekerjaan proses pembuatan kerupuk. Resiko yang dialami berupa gangguan muskuloskeletal dan kelelahan yang muncul pada bagian, pinggang, lengan, pergelangan tangan, betis dan pergelangan kaki.


Keywords


hazard; ergonomic; HAZOP; NBM; QEC

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprianto, H. 2012. “Analisis Faktor Penyebab Cumulative Trauma Disorders menggunakan metode Quick Exposure Checklist Pada Profesi Penjahit”. E-Jurnal Teknologi Industri. Universitas Gunadarma, Depok.

Pujiono, B. N., Tama, I. P., & Efranto, R. Y. 2013. “Analisis Potensi Bahaya Serta Rekomendasi Perbaikan Dengan Metode Hazard and Operability Study (HAZOP) Melalui Perangkingan OHS Risk Assessment and Control (Studi Kasus: Area PM-1 PT. Ekamas Fortuna)”. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 1. 2, 253-263.

Pratama. P., Tannady, H., Nurprihatin, F., Ariyono, H.S., Sari, S.M. 2018. “Identifikasi Risiko Ergonomi Dengan Metode Quick Exposure Check dan Nordic Body Map”. Jurnal PASTI, XI. 1, 13-21.

Retnowati, D. 2017. “Analisa Resiko K3 dengan Pendekatan HAZARD and Operability Study (HAZOP)”. Engineering and Sains Journal, 1. 1, 41-46.

Suyono, K.Z., Nawawinetu, E.D. 2013. “Hubungan antara Faktor Pembentuk Budaya Keselamatan Kerja dengan Safety Behavior di PT. DOK dan Perkapalan Surabaya Unit Hull Constraction”. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 2. 1, 67–74.

Tarwaka. (2017). Keselamatan dan Kesehatan Kerja Manajemen Dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3544

Article Metrics

Abstract views : 9436| PDF views : 10675

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: