CLUSTERING K-MEANS PADA DATA EKSPOR (STUDI KASUS: PT. GAIKINDO)

Wakhid Afifi
Dhiya'an Ramadhanty Nastiti
Qurrotul Aini

Abstract


PT Gaikindo adalah sebuah perusahaan otomotif dan produsen kendaraan bermotor yang mengirimkan produknya hingga ke luar negeri. Berdasarkan data ekspor mobil pada  PT Gaikindo, terdapat banyak mobil dengan jumlah ekspor yang bervariasi. Oleh karena itu, PT. Gaikindo membutuhkan data mobil mana yang terlaris dan yang tidak laris untuk mengatur volume pengiriman mobil ke luar negeri. Penelitian ini menggunakan metode clustering dengan algoritma k-means. Metode ini mengelompokkan data dengan cara memasukkan data brand dan tipe mobil yang dikirim pada setiap negara. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 3 cluster yang terbentuk dengan kategori sangat diminati, cukup diminati, dan sedikit diminati.


Keywords


clustering; algoritma k-means; data ekspor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


H. Deresky, International Management, 4th ed. United States Of America: Addison-Wesley, 2006.

B. M. Metisen and H. L. Sari, “Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila,” vol. 11, no. 2, pp. 110–118, 2015.

A. Yusuf and T. Priambadha, “Support Vector Machines yang Didukung K-Means Clustering Dalam Klasifikasi Dokumen,” JUTI J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 11, pp. 13–16, 2013.

Y. Ardy and C. H. Budi, “Visualisasi Hasil Pemeriksaan Laboratorium Pasien Studi Kasus : Parahita Diagnostic Center,” vol. 01, no. 02, pp. 142–150, 2015.

P. L. O. S. Duran, “The Cluster Problem and Preliminary Ideas,” in Cluster Analysis, Springer, Berlin, Heidelberg, 1974, pp. 1–2.

Y. Agusta, “K-Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait,” J. Sist. dan Inform., vol. 3, no. Pebruari, pp. 47–60, 2007.

N. Wakhidah, “Clustering Menggunakan K-Means Algorithm (K-Means Algorithm Clustering).”




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3568

Article Metrics

Abstract views : 3380| PDF views : 1378

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: