IMPLEMENTASI METODE PROYOTYPING DAN TWITTER BOOTSTRAP RESPONSIVE PADA SISTEM PEMBELAJARAN BAGI SISWA/I SMA DI PALEMBANG

Yayuk Ike Meilani

Abstract


Sistem pembelajaran adalah media yang digunakan oleh pihak-pihat terkait yang tidak dapat dipisahkan antara satu sama lain karena saling mendukung yang dapat menunjang dalam proses pembelajaran. Pihak yang terkait dalam proses pembelajaran adalah guru, siswa dan sarana dan prasarana. Beberapa sekolah  masih  menerapkan sistem pembelajaran yang  konvensional yaitu setiap  pelajaran dimulai siswa diwajibkan meminjam buku keperpustakaan untuk dapat mengikuti pelajaran karena bahan ajar yang digunakan guru bersumber dari buku yang ada diperpustakaan. Hal ini membuat proses belajar dan mengajar lebih singkat karena terpotong dengan waktu yang digunakan siswa dalam melakukan peminjaman buku. Selain waktu yang terpotong, juga membuat kerusakan pada buku yang disebabkan oleh keteledoran siswa dalam menggunakan buku pinjaman. Tujuan penelitian ini mempermudah guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, memperkecil resiko kerusakan buku yang disebabkan keteledoran siswa sehingga dapat mengurangi anggaran sekolah untuk membeli buku yang anggaran tersebut dapat dialihkan untuk keperluan lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototyping yaitu model trow-away prototyping. Hasil pengujian sistem yang dilakukan pada sistem pembelajaran ini menggunakan blackbox testing yang dimana metode ini menunjukan bahwa sistem yang dibangun berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Keywords


sistem pembelajaran; metode prototyping; model trow-away prototyping

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] I. D. Lestari, "Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak," SAP (Susunan Artikel Pendidikan), vol. 3, 2018.

[2] N. Nurdyansyah, "Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar," Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018.

[3] T. R. Wolzien, "Media online services access via address embedded in video or audio program," ed: Google Patents, 1998.

[4] H. Ridha, "Implementasi Twitter Bootstrap pada Codeigniter," Retrieved Octeober, vol. 4, p. 2013, 2013.

[5] A. Wibowo and A. Azimah, "Rancang Bangun Sistem Informasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Throwaway Prototyping Development," SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 4, pp. 4-11-103, 2016.

[6] A. A. Pradipta, Y. A. Prasetyo, and N. Ambarsari, "Pengembangan Web E-Commerce Bojana Sari Menggunakan Metode Prototype," eProceedings of Engineering, vol. 2, 2015.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3685

Article Metrics

Abstract views : 9| PDF views : 2

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: