SISTEM PRESENSI KELAS MENGGUNAKAN PENGENALAN WAJAH DENGAN METODE HAAR CASCADE CLASSIFIER

Rastri Prathivi
Yunita Kurniawati

Abstract


Kehadiran siswa di kelas merupakan hal penting saat kegiatan belajar mengajar di laksanakan. Sistem presensi yang masih menggunakan cara manual dengan memakai kertas. Memiliki permasalahan yang sering muncul antara lain: terjadinya manipulasi data kehadiran, hilangnya buku presensi, sulit dalam merekapitulasi data kehadiran. Sistem presensi dengan pengenalan wajah digunakan karena hanya memerlukan kamera untuk mengambil citra gambar. Dengan mengotomatiskan proses kehadiran akan lebih meningkatkan produktivitas guru kepada siswanya. Metode haar cascade classifier digunakan karena memiliki komputasi yang sangat cepat tergantung pada jumlah piksel dalam persegi bukan nilai piksel dari sebuah gambar. Dari hasil pendeksian wajah menggunakan metode haar cascade classifier prosentase yang telah dicapai sebesar 75%. Seluruh sistem terbukti dapat berjalan dengan baik dalam mendeteksi seluruh objek yang ada secara tepat. Sistem memudahkan dalam memantau kehadiran siswadi kelas secara akurat, efisien serta menghemat waktu serta tenaga

Keywords


presensi; haar cascade classifier

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1]

d. S. M. S. P. R. A. Apriyana, "Perbandingan Model Sobel, Metode Prewitt dan Metode Robert Untuk Deteksi Tepi Objek pada Aplikasi Pengenalan Bentuk Berbasis Citra Digital," 2013.

[2]

R. a. J. M. Lienhart, "An extended set of haar-like features for rapid object detection.," IEEE ICIP , vol. 1, pp. 900-903 , 2002.

[3]

P. a. M. J. Viola, " Rapid object detection using boosted cascade of simple features," Proceedings IEEE Conf. on Computer Vision and Pattern Recognition, 2001.

[4]

M. D. A. d. K. Z. Sanjaya, "Membuat Robot Vision Eyes-Botic bersama Profesor Bolabot menggunakan Mikrorosesor Raspberry Pi dan Pemrograman Python + OpenCv," Bolabot, 2018.

[5]

A. Dinata, Physical Computing dengan Raspberry Pi, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.

[6]

A. M. S. M. H. S. ,. S. Rasyid Sindu, "Rancang Bangun Sistem Keamanan dan Pengenalan Objek dalam Ruangan Sebagai Pengganti CCTV dengan Menggunakab Raspberry Pi," Jurnal Teknik Pomits, vol. 2, pp. 2301-9271.

[7]

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Edisi 7, 2012.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3754

Article Metrics

Abstract views : 2698| PDF views : 2259

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: