PROTOTIPE MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MEMBACA PERMULAAN

Indah Puji Astuti
Dwiyono Ariyadi
Lilis Sumaryanti

Abstract


Belajar dimanapun dan kapanpun merupakan kebutuhan manusia, tidak terlepas dari kewajiban belajar, suasana belajar merupakan peran pendukung yang tidak bisa diabaikan. Untuk menimbulkan suasana belajar yang bisa diterima di situasi apapun adalah didukung dengan adanya media pembelajaran. Banyak media pembelajaran yang sudah ada sekarang ini, ada yang gratis dan berbayar. Namun  pembelajaran yang tersedia secara gratis tersebut masih sedikit yang mengacu ke kurikulum sesuai tingkatan pendidikan. Media pembelajaran dalam bentuk aplikasi berbasis android yang materinya mengacu sesuai kurikulum untuk tingkat dasar MI/SD masih jarang dijumpai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat prototipe media pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum peserta didik. Keunggulan dari aplikasi media pembelajaran ini lebih terstruktur karena berpedoman pada kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 di tingkat MI/SD pada materi membaca permulaan. Penelitian ini mengadopsi metode pengembangan sistem waterfall untuk pengembangan aplikasinya, dimulai dari tahap analisis sampai pengujian. Pengujian terhadap aplikasi menggunakan metode black box testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa menu-menu yang terdapat pada aplikasi ini telah berjalan dengan baik sesuai dokumen perancangan.


Keywords


android; black box testing; media pembelajaran; waterfall

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


H. G. Tarigan, Membaca Sebagai Satu Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa Bandung, 2008.

D. Tarigan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2005.

C. A. F. Dewanto, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Untuk Kelas X Smk Negeri 3 Buduran - SidoarjO Cahya Arif Fredyana Dewanto Abstrak,” JPTM, vol. 05, no. 03, pp. 40–46, 2016.

H. Rusdi, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android ‘ ChemBird ’ Pada Materi,” J. Ecosyst., vol. 6, no. 2, pp. 204–394, 2016.

A. H. Galih Vidia Pangestika, Wawan Wikusna, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Murid Sekolah Dasar Berbasis Android,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 1558–1575, 2017.

B. R. M. Roger S Pressman, Software Engineering A Practitioner’s Approach, Eight Ed. .

M. S. Rosa A. S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2013.

S. Novita Br Ginting, Yuggo Afrianto, “Menggunakan Metode Prototype Dan Pengujian Black Box ( Studi Kasus : Fakultas Teknik Dan Sains Universitas Ibn Khnovita Braldun ),” J. Simetris, vol. 10, no. 2, pp. 577–588, 2019.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3791

Article Metrics

Abstract views : 1220| PDF views : 868

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: