PENERAPAN APLIKASI MOBILE LOCATION BASED SERVICE UNTUK PERSEBARAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DIKABUPATEN JEPARA

Nur Aeni Widiastuti
Teguh Tamrin

Abstract


Kabupaten Jepara memiliki sentra industri yang tersebar di wilayahnya. Beberapa sentra industri diantaranya sentra kerajinan gerabah dan genteng, sentra industri tenun troso, sentra industri kerajinan monel, sentra industri mebel, dan lainnya. Persebaran sentra yang ada menyebabkan sentra industri yang lokasinya strategis lebih mudah dikunjungi daripada pengrajin yang lokasinya kurang strategis. Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut dan demi keberlangsungan sentra yang ada maka peneliti mengusulkan untuk perancangan aplikasi mobile persebaran Usaha Mikro Kecil Menengah dengan pengembangan metode location based service. Aplikasi mobile ini terintegrasi dengan google Maps API sehingga pembeli dapat mengakses jarak lokasi sentra yang dicari dengan lokasi dia berada saat itu. Metode ini memiliki kelebihan diantaranya: (1)informasi lokasi yang diberikan real time, (2)sebagai penunjuk arah untuk lokasi yang dituju. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari pengujian blackbox testing dan uji kelayakan aplikasi kepada pengguna menghasilkan persentase sebesar 77% yang dinyatakan sangat layak untuk digunakan.

Keywords


location based service; mobile application; GRAPPLE

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


RepublikIndonesia, “Government Regulation No. 20/2008,” UU No. 20 Tahun 2008, no. 1, pp. 1–31, 2008.

N. A. Widiastuti and N. A. Azizah Widiastuti, “Teknologi Geolocation Berbasis Android dengan Metode K-Means untuk Pemetaan UMKM di Kabupaten Jepara,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 8, no. 2, p. 218, 2018.

A. R. Bahrehdar, O. Koblet, and R. S. Purves, “Approaching location-based services from a place-based perspective: from data to services?,” J. Locat. Based Serv., vol. 13, no. 2, pp. 73–93, 2019.

U. Ependi and S. Suyanto, “Implementasi Location Based Service Pada Aplikasi Mobile Pencarian Halte BRT Transmusi Palembang,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 2, no. 1, p. 33, 2016.

M. R. Kurniawan, O. D. Nurhayati, and K. T. Martono, “Sistem Informasi Geografis Pencarian Lokasi Agen Bus dan Travel Terdekat di Kota Semarang Berbasis Mobile dengan Metode Dijkstra,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 2, p. 302, 2017.

S. P. Seputro, H. Tolle, and K. C. Brata, “Pengembangan Aplikasi Mobile Location Based Service Berbasis Android Untuk Pencarian Lokasi Rumah Sakit Di Kota Malang Berdasarkan Asuransi Kesehatan Dengan Metode Agile System Development,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 3, no. 1, pp. 781–791, 2019.

A. Yuliawan, N. Sakti, Y. Priyandari, and M. Hisjam, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Auditor Teknologi pada Sistem Nasional Audit Teknologi ( SNAT ) Menggunakan Metode Grapple,” Semin. Int. dan Konf. Nas. IDEC 2016, no. February 2017, pp. 364–373, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.4015

Article Metrics

Abstract views : 1504| PDF views : 1356

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: