Sistem Manajemen Virtual Local Area Network (VLAN) Pada Cisco Catalyst 3750 Berbasis Web

Astika Ayuningtyas
Sudaryanto Sudaryanto
Deno Daseftra Cessara

Abstract


VLAN merupakan salah satu teknologi komputer yang saat ini sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan VLAN dapat membagi satu jaringan pada perangkat switch menjadi bagian-bagian kecil jaringan lain. Cisco Catalyst 3750 merupakan perangkat switch yang sudah menyediakan teknologi VLAN. Permasalahan yang ditemukan pada Cisco Catalyst 3750 adalah sistem manajemen VLAN yang masih berbasis command line dan tidak dapat diakses dari jarak jauh. Untuk itu dibuat VLAN berbasis GUI dan dapat diakses dari jarak jauh. VLAN yang dibuat berbasis Web dengan tujuan untuk memberikan kebebasan pemakaian device dan tidak harus terfokus pada satu jenis device saja. VLAN berbasis Web ini dibuat dengan memanfaatkan API Cisco sebagai penghubung antara bahasa pemrograman pada VLAN berbasis Web dengan bahasa pada perangkat lunak Cisco Catalyst 3750.
Pemanfaatan Telnet berperan penting dalam pembuatan VLAN berbasis Web ini, dimana Telnet memberikan akses lebih luas pada Cisco Catalyst 3750 untuk diakses di luar aplikasi terminal emulator. Dengan pemanfaatan Telnet administrator cukup mengujungi IP yang telah dibuat untuk mengakses Cisco Catalyst 3750. Akses jarak jauh pada VLAN berbasis Web ini menggunakan port fowarding. Serveo.net adalah salah satu penyedia layanan port fowarding. Dengan memanfaatkan Serveo.net, VLAN berbasis Web yang masih dalam server local dapat diakses dari jarak jauh meski tanpa IP publik. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa VLAN berbasis Web terbukti dapat melakukan konfigurasi VLAN sehingga dapat digunakan untuk mengatur hubungan antar komputer sesuai dengan kebutuhan pada jaringan yang digunakan.


Keywords


VLAN; API cisco; telnet; port fowarding; cisco catalyst 3750

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sudaryanto. (2018). The Effect Of Multi Layer Switch For Speed Data Transfer On Computer Network. In Compiler STT Adisutjipto Yogyakarta, 7(2), 85.

Pratama. A. W. (2013). Konfigurasi Inter-VLAN Pada Cisco Berbasis Graphics User Interface (GUI) Sebagai Pembelajaran Peralatan Jaringan Komputer Cisco. In Compiler STT Adisutjipto Yogyakarta, 2(2), 13.

Pratama. I. P. A. E. (2014). Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. Cetakan Kedua. Informatika. Bandung.

Ross. J. (1997). Internet Power Tools Edisi Indonesia. Dinastindo. Jakarta.

Sofana. I (2014). Cisco CCNA dan Jaringan Komputer. Edisi Revisi. Informatika. Bandung.

_______. (2015). Membangun Jaringan Komputer Mudah Membuat Jaringan Komputer (Wire & Wireless) untuk Pengguna Windows dan Linux. Cetakan Kedua. Informatika. Bandung.

Sukamto. R.A., M. Shalahudin. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Tanenbaum. A.S. (1996). Jaringan Komputer Edisi Bahasa Indonesia Dari Computer Network 3e. Jilid 1. Prenhallindo. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.4084

Article Metrics

Abstract views : 1037| PDF views : 1214

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: