Rancang Bangun Speed Bump Sebagai Pembangkit Listrik Energi Alternatif

Aris Suryadi
Emmanuel Agung Nugroho
Purwandito Tulus Asmoro

Abstract


Speed bump atau dalam bahasa Indonesia disebut “Polisi Tidur”, dianggap kurang bermanfaat dan mengganggu bagi para pengendara motor untuk mengurangi kecepatan motornya. Muncul sebuahgagasan untuk merancang sebuah alat yang pada penerapannya dapat memanfaatkan sebagai pembangkitlistrik dengan sumber penggerak generator dari polisi tidur. Dengan menggunakan rangkaian elektronika daya sebagai regulator dari keluaran yang dihasilkan. Metode penelitian dari alat ini adalah ketika kendaraan melewati speed bump maka akan menginjak bump yang dapat bergerak naik dan turun, kemudian gerakan dari naik dan turunnya bump tersebut diubah menjadi gerakan memutar generator. Tegangan yang dihasilkan dari generator tersebut disimpan pada accumulator yang nantinya energi listrik dapat difungsikan sesuai kebutuhan. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah dapat menjadi sumber energi alternatif terbarukan sebagai penghasil listrik, dapat memanfaatkan energi yang terbuang menjadi energi yang potensial.


Keywords


speedbump; pembangkit listrik; accumulator

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ciptian Weried Prianda, 2012. Rancang Bangun Electrical System pada Speedbump Pembangkit Daya, Jurusan Teknik Elektronika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

D. Garcia-Pozuelo, A. Gauchia, E. Olmeda, and V. Diaz. 2014. Bump Modeling and Vehicle Vertical Dynamics Prediction, Adv. Mech. Eng., vol. 2014,1–10.

P. Taylor, T. Abiola, O. Salau, A. O. Adeyefa, and S. A. Oke. 2014. Vehicle speed control using road bumps,” Transport, Vol XIX, No 3, 130–136.

Nugroho A A. 2016. “Perancangan dan Pembuatan Prototype Alat Konversi Energi Mekanik menjadi Energi Listrik di Jalan Raya dengan menggunakan Speed Bump”. Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Agus Munadi, 2013. Pembangkit Listrik Tenaga Speed bump sebagai Sumber Energi Alternatif, Fakultas Teknik, Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muhammad Khabib Fathoni, 2017. Daur Ulang Energi Kinetik dari Polisi Tidur (Speed bump) untuk Penghasil Listrik, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom.

Jihan Zeinyuta Rosafira, 2017. Rancang Bangun Polisi Tidur Penghasil Listrik Bagian Statis, Fakultas Teknik, Universitas Jember.

Andhi Kusumo, 2018. Rancang Bangun Speed bump sebagai Pembangkit Listrik, Program Studi Teknik Mesin Industri, ATMI Cikarang.

Muhammad Jaffar Al Faruqi, 2016. Rancang Bangun Pembangkit Listrik Speedbump sebagai Energi Alternatif, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.4180

Article Metrics

Abstract views : 1899| PDF views : 1112

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: