IMPLEMENTASI ALGORITMA RIJNDAEL UNTUK KEAMANAN LOGIN (STUDI KASUS: PERANGKAT LUNAK KEUANGAN PEMBERIAN TUNJANGAN DI KANTOR KOPERTIS WILAYAH IV)

Andy Victor Pakpahan
Novi Fibriani Prayino

Abstract


Pada perangkat lunak bagian keuangan pengelolaan pemberian tunjangan di Kopertis Wilayah IV didalamnya menangani data – data sensitif yang tidak boleh diakses oleh orang yang tidak berkepentingan. Maka, keamanan informasi pada perangkat lunak merupakan suatu aspek penting yang perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu keamanan pada proses authentication, Dimana user melakukan login untuk masuk pada perangkat lunak dengan memasukan username dan password. Jika aspek keamanan tidak diperhatikan kemungkinan suatu perangkat lunak dapat dengan mudah disalahgunakan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab. Adapun serangan pada perangkat lunak yang dapat terjadi pada proses authentication yaitu penyadapan dengan tools sniffing. Proses penyadapan dengan tools sniffing digunakan untuk mendapatakan informasi yang ada pada sistem jaringan komputer. Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan antara lain adalah dengan menggunakan teknologi kriptografi. Algoritma Rijndael terpilih sebagai algoritma kriptografi yang dapat melindungi informasi dengan baik, Maka dari itu penulis melakukan penelitian tentang implementasi algoritma tersebut. Dari hasil pengujian Algoritma Rijndael di implementasikan menggunakan javascript pada view login mampu mengamankan data username dan password dan data mengamankan data password di database. Namun, terdapat titik lemah yaitu mengenai transmisi kunci awal dari proses enkripsi.

Keywords


Kriptografi; Rijndael; AES; mode CBC

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] M. Keuangan. (2008). Menteri keuangan republik Indonesia. vol. 2004.

[2] B. Rahardjo. (1999). Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet.

[3] A. Victor and T. M. Putra. 2015. “Penerapan V.S.N Hardware Key Scheme Dengan Rsa Cryptosystem Untuk Pengamanan Perangkat Lunak,” J. Rekayasa Sist. Ind.

[4] D. M. Khairina, “Analisis Keamanan Sistem Login,” J. Inform. Mulawarman, 2011.

[5] R. Hikmah et al. 2011. “Implementasi Enkripsi AES Pada Pembangunan Aplikasi Accounting Pada PT PRO Sistematika Automasi,” pp. 2–5.

[6] S. Kromodimoeljo. 2019. Teori dan Aplikasi Kriptograf.

[7] T. Zebua. 2015. “Pengamanan Data Teks Dengan Kombinasi Cipher Block Chaining dan LSB-1,” in Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi (SNITI), 2015.

[8] R. Susanto and A. D. Andriana. 2016. “Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi” Maj. Ilm. UNIKOM.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v12i1.4442

Article Metrics

Abstract views : 123| PDF views : 131

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: