ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA MAGANG PADA KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA (KPWBI) PROVINSI BANTEN

Muhammad Faisal Syahlan
Evy Nurmiati

Abstract


Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten adalah lembaga independen dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. Bank Indonesia memiliki tiga tugas utama di bidang moneter, perbankan, dan sistem pembayaran. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten memiliki beberapa divisi, salah satunya Fungsi Koordinasi, Komunikasi, dan Kebijakan (FKKK). FKKK merupakan divisi yang salah satu tugasnya untuk mengelola karyawan ataupun peserta magang yang bekerja di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten. Saat ini proses pengelolaan peserta magang masih menggunakan cara manual yakni dengan menerima berkas data pelamar magang secara fisik yang harus dikirimkan langung ke kantor, cara tersebut dinilai kurang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan membuat perancangan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Magang pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RAD (Rapid Application Development) dengan pemodelan UML (Unified Modelling Language). Hasil dari penelitian ini berupa perancangan yang diharapkan dapat membantu FKKK dalam mengelola penerimaan peserta magang, sehingga mempermudah FKKK dalam mengelola dan pelamar dalam mengurus dokumen yang dibutuhkan. 

 

Kata kunci:  perancangan, perekrutan, rapid application development, unified modelling language.


Keywords


perancangan;perekrutan;rapid application development;unified modelling language

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Petrus,E.,2004Mensyiasati Praktik kerja industry untuk sekolah menengah kejuruan. Bandung: CV Moefh Design.

Bentley,L., dan Whitten,J. 2007. Analysis and Design for the Global Enterprise Seventh Edition. New York: McGraw-Hill.

Rosa,A., dan Shalahuddin,M.2014.Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Penerbit Informatika.

Zakir,S.2015." Desain Dan Implementasi Networking Security Memanfaatkan Security Configuration Wizard (Scw)". Jurnal Ilmiah Media Processor 10, 2, 1–9.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i2.4561

Article Metrics

Abstract views : 384| PDF views : 335

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: