SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN HARGA JUAL SEPEDA MOTOR BEKAS DENGAN PENDEKATAN LOGIKA FUZZY INFRENCE SYSTEM MAMDANI

Imam Sunoto
Lukman Lukman

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan teknologi yang sangat cepat dalam bidang transportasi mengakibatkan cepatnya bermunculan sepeda motor-sepeda motor baru dalam waktu dekat. Sehingga memicu meningkatnya tingkat pembelian sepeda motor baru, dan juga meningkatkan tingkat penjualan sepeda motor bekas. Dikarenakan mayoritas masyarakat akan menjual sepeda motor lamanya terlebih dahulu untuk kemudian beralih membeli sepeda motor yang lebih baru dengan spesifikasi yang lebih canggih. Hanya saja selama ini transaksi jual beli sepeda motor bekas yang dilakukan oleh dealersepeda motor masih menggunakan cara manual dalam penentuan harga jualnya, yaitu berdasarkan perkiraan dimana hasilnya kurang akurat dan tidak sesuai dengan kondisi dari sepeda motor tersebut. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat menentukan harga jual sepeda motor bekas dengan akurat sesuai dengan kondisi sepeda motor tesebut dan juga sesuai dengan harga jual dipasaran. Dalam penelitian ini dalam penentuan harga jualnya menggunakan logika fuzzy infrence system (fis) Mamdani. Dengan adanya sistem penentuan harga jual tadi diharapkan dapat memudahkan pihak dealer sepeda motor dalam menentukan harga jual sepeda motor bekas dengan lebih akurat sesuai dengan kondisi dari sepeda motor yang akan dijual. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa prototype yang dapat memproses masukan berupa kondisi fisik, aksesoris, minat pasar, dan harga beli baru dari sepeda motor menjadi keluaran berupa harga jual bekas sepeda motor bekas.

Kata kunci: penentuan, logika fuzzy mamdani, harga jual, sepeda motor bekas.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v6i2.466

Article Metrics

Abstract views : 734| PDF views : 533

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: