IMPLEMETASI OFFLINE PENGENALAN SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DYNAMIC TIME WARPING PADA PERANGKAT ANDROID

Mohammad Iqbal
Endang Supriyati
Tri Listyorini

Sari


ABSTRAK

Algoritma Dynamic Time Warping (DTW) digunakan secara luas untuk berbagai penelitian, salah satunya di bidang bahasa isyarat. DTW adalah algoritma pencocokan pola (template matching) untuk mengukur kemiripan dua data sekuensial (time series) temporal yang berbeda waktu dan kecepatan. Pada penelitian ini disajikan implementasi algoritma DTW untuk pengenalan bahasa isyarat Indonesia (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia SIBI) secara offline. Dataset yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 900 data untuk dengan jumlah kelas 50 kata isyarat, yaitu dengan rincian untuk masing-masing kelas adalah 3 data sebagai data template dan 15 data sebagai data testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tingkat pengenalan atau nilai accuracy adalah 89,73%. Waktu rata-rata yang dibutuhkan adalah 654.59 milidetik untuk proses pengenalan satu data testing dengan menggunakan template sebanyak 3 data per kelas atau total template 150 data.

Kata kunci: pengenalan, offline, SIBI, bahasa isyarat Indonesia, android.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v6i2.477

Article Metrics

Sari views : 326| PDF views : 102

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: