PEMILIHAN STRATEGI PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BERDASARKAN PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCES : STUDI KASUS PT. HIJ

Thomas Afrizal

Abstract


Meningkatkan kualitas kerja perusahaan kepada pelanggannya sangat perlu, agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Oleh karena itu, peningkatan pelayanan dapat mulai dengan membuat keputusan yang tepat dan cepat dan obyektif, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Teknologi sistem Informasi saat ini berkembang sangat membantu dalam membuat keputusan yang akurat. "PT HIJ" adalah perusahaan yang bergerak di bidang percetakan yang terutama menyediakan layanan percetakan, sangat erat dengan masalah Sumber Daya Manusia yang terus beroperasi mengikuti kebutuhan pengguna jasa, sehingga sering berubah posisi. Ini akan memerlukan pemodelan pengambilan keputusan dalam memberikan pengetahuan kepada staf baru di perusahaan, untuk membantu staf untuk bekerja dengan cepat dan akurat. Penelitian ini menggunakan Analytic hirarchy Proces (AHP) dan software Expert choice dengan membandingkan beberapa kriteria dan sub- kriteria alternatif. Dapat disimpulkan bahwa perbandingan berpasangan yang diberikan responden ahli memiliki nilai rasio inkonsistensi yang lebih kecil dari 0,1 sebagai batas maksimum nilai rasio inkonsistensi. Dengan demikian hasil perhitungan geometric gabungan data responden cukup konsisten. Penelitian ini dapat menghasilkan model yang dapat mendukung pengambilan keputusan dalam hal menentukan mana KMS yang tepat di perusahaan obyektif untuk memenuhi tantangan dunia bisnis saat ini. Persepsi strategis ini memberikan implikasi bahwa pemilihan knowledge management system dengan menggunakan knowledge sharing sesuai dengan jawaban para responden berdasarkan kriteria, subkriteria dan alternative yang dipih responden.

Kata kunci: Strategi Pemilihan Knowledge Management System, Analytic hirarchy Process, expert choice, KMS, AHP, Cochcran.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.483

Article Metrics

Abstract views : 460| PDF views : 618

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: