OPTIMASI DESAIN STRUKTUR BED MESIN BUBUT CNC TERHADAP PENGARUH DEFLEKSI, FREKUENSI PRIBADI DAN PROSES MANUFAKTUR MILLING

Ardhi Priantoko
Achmad Murdifin
Afin Adkhiyan
Sugeng Slamet

Abstract


Tujuan utama dari optimasi desain ini adalah untuk meningkatkan kualitas dari mesin bubut yang akan dibuat BMEPPO-BBPT. Dengan tetap menggunakan material Gray cast iron (FC25) serta menekan jumlah material yang di butuhkan dalam pembuatan bed bubut tersebut tetapi menghasilkan bentuk desain Slant Bed bubut CNC yang optimal sehingga tidak mengurangi kualitas mesin yang akan dibuat. Perancangan struktur bed menggunakan ribbing dapat membuat mesin tetap kokoh dan mampu mengatasi pembebanan yang terjadi akibat berat komponen mesin bubut, namun tetap memenuhi aspek berat yang tidak berlebihan. Proses perancangan dilakukan melalui metode reverse engineering dari desain mesin bubut CNC Leadwell T-6, yang berikutnya akan dimodifikasi untuk melihat perilaku statis tepatnya pada defleksi, perilaku dinamis serta frekuensi dari desain yang akan diuji menggunakan pendekatan software analisis. Hasil akhirnya adalah mendapatkan desain dengan defleksi terkecil serta gambar desain manufaktur untuk membantu proses permesinan milling pada tahap bembuatan bed mesin bubut CNC tersebut.

Kata kunci: Bed, defleksi, frekuensi, desain manufaktur.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.486

Article Metrics

Abstract views : 1705| PDF views : 1764

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: