SISTEM APLIKASI SLIP PENARIKAN DANA OPERASIONAL DESA DI KANTOR KECAMATAN BAE KUDUS

Ahmad Dalhar suyuti - [ https://orcid.org/0000-0002-7794-4531 ]
Tutik Khotimah

Abstract


Kantor Kecamatan Bae Kudus, kantor yang bergerak di bidang instansi desa, serta menyediakan layanan surat perizinan & surat pengantar. Kantor Kecamatan Bae sebagian besar sudah menggunakan sistem komputerisasi di pengelolaan data. Tapi masih ada yang dilakukan secara manual, belum menggunakan komputerisasi seperti bagian keuangan pada pembutan slip penarikan dana operasional desa yang dilakukan secara manual, yaitu diketik manual di Microsoft Word sehingga proses yang dilakukan memerlukan waktu yang lama dan kurang efektif. maka diperlukan sebuah program untuk mengatasi masalah tersebut. Program yang dimaksud tersebut merupakan sebuah sistem untuk slip penarikan dana operasional desa. Selama pengembangan program, metodologi penelitian ini dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu: pertama mencari data yang ada, tahap kedua adalah perancangan aplikasi, tahap ketiga adalah pembuatan aplikasi dan tahap keempat adalah uji coba. Pembangunan aplikasi bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam meng-input dan pengkonversian nominal uang ke bentuk huruf. Sistem aplikasi slip penarikan dana operasional desa menggunakan bahasa pemprogaman Java Netbeans IDE 8.0 dengan database MySQL. Yang ada dalam sistem tersebut antara lain, input data, edit data, cetak laporan slip Penarikan dan melihat data transaksi. Dengan Ssistem aplikasi penarikan dana operasional desa, dapat memberikan kemudahan pegawai kecamatan Bae dalam penarikan dana operasional desa dan menghasilkan slip Penarikan dengan waktu yang relatif singkat, cepat, tepat dan akurat.

 

 


Keywords


aplikasi; Java; penarikan dana operasional; desa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi



[1] Mantopani, D. R. 2016. “ Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Data Keuangan Kas Desa Cikeusik”. Infotech Journal 2, 2-6.

[2] Rasminto, H., Siswanto, S., Danang, D. 2019. “Rancang Bangun Pengelolaan dan Penggunaan Dana Desa Sistem Terpadu dengan Metode Berorientasi Objek”. Jurnal Sistem Informasi Bisnis l9, 112-120.

[3] Setiawan. A. P, Setiaji. P, Triyanto. W. A. 2018. “Sistem Informasi Pengelolaan Pelaksanaan Dana Desa Berbasis Responsive Web Design Di Kabupaten Kudus”. Jurnal SITECH 1, 31-40.

[4] Latuconsina, E., Priyambadha, B., Tolle, H. 2019. “Pengembangan Aplikasi Web Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dengan Model Prototyping”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 3. 2, 1757-1763.

[5] Rusmayanti, Atik. 2014. “Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada Desa Ngadirejan”. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi 6. 2, 36-39.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v12i2.4867

Article Metrics

Abstract views : 189| PDF views : 44

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: