RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI DAN PEMBERI PERINGATAN KEBISINGAN SUARA BERBASIS ARDUINO (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO)

Charir Maulana Achsan
Dwi Krisbiantoro

Abstract


Perpustakaan merupakan salah satu sarana menggali informasi, belajar dan berdiskusi, oleh karena itu harus dijaga dari faktor-faktor yang dapat mengganggu kenyamanan karena kenyamanan sangat berperanguh dalam berkonsentrasi sehingga kegiatan membaca maupun berdiskusi berjalan dengan maksimal. Salah satu faktor yang menggangu dalam proses belajar baik itu membaca dan berdiskusi adalah kebisingan. Dalam melakukan tindakan pencegahan kebisingan petugas Perpustakaan Universitas AMIKOM Purwokerto masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan menegur pengunjung perpustakaan yang melakukan kebisingan. Hal ini belum efektif jika terus karena petugas perpustakaan tidak bisa setiap saat menegur pengunjung yang melakukan kebisingan karena pengunjung itu sendiri sering melakukan kebisingan yang berulang hal ini dapat menganggu kegiatan kerja yang dilakukan oleh petugas perpustakaan. Jika kebisingan tersebut dibiarkan terlalu lama akibatnya akan menggangu konsentrasi pengunjung dalam membaca dan melakukan diskusi. Tujuan dari pembuatan alat ini yaitu terbentuknya Alat Pendeteksi dan Pemberi Peringatan Kebisingan Suara Berbasis Arduino sebagai salah satu upaya membantu staf perpustakaan dalam hal mengontrol atau mengendalikan kenyamanan ruangan Perpustakaan Universitas AMIKOM Purwokerto dari kebisingan yang berlebihan. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah prototype. Hasil pengujian dari alat  ini dapat mendeteksi kebisingan suara sekaligus memberi peringatan berupa teks dan audio.


Keywords


perpustakaan;kebisingan;prototype;arduino

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hakim, R. (2014). Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hakim, R. (2014). Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djalante, S. 2010. “Analisis Tingkat Kebisingan Jalan Raya Yang Menggunakan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APIL) (Studi Kasus: Simpang Ade Swalayan). Jurnal SMARTek, Vol. 8 No. 4, 280-300.

Buchari. (2007). Kebisingan Industri dan Hearing Conservation Program. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Bisrul Hapis Tambunan, I. K. 2014. “Usaha Mengurangi Kebisingan Knalpot Produksi IKM di Kota Medan”. Jurnal Dinamis Vol. II, No.14, 1-7.

Keputusan Menteri Lingkungan Hidup. (1996). Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. Kep-48/MENLH/1/1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan Sekretariat Negara, Jakarta.

Nurwati. 2018. “Pendeteksi Tingkat Kebisingan Dan Pemberi Peringatan Pada Perpustakaan”. Seminar Nasional Royal (SENAR) STMIK Royal - AMIK Royal, 295-298.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i2.5013

Article Metrics

Abstract views : 257| PDF views : 249

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: