MODEL E-BUSINESS MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING UMKM BERBASIS MOBILE APPLICATION

Noor Azizah
Buang Budi Wahono

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang segnifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Di sisi yang lain, perkembangan teknologi dan internet juga berkembang sangat cepat. Oleh karena itu, pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada saat ini menjadi bagian penting dalam meningkatkan daya saing UMKM agar mampu berkompetisi dengan pelaku industri yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah e-business yang digunakan untuk meningkatkan performa bisnisnya dalam rangka mencapai keunggulan kompetitifnya agar mampu berdaya saing dengan para kompetitor yang lain. Tools yang digunakan untuk menganalisa kebutuhan sistem menggunakan PIECES Framework yang meliputi performance, informations, economics, control, efficency, dan services. Adapun data primer diperoleh dari 50 responden untuk mengukur tingkat kepuasan penggunaan sistem e-business dalam pengelolaan bisnis UMKM.  Hasilnya diperoleh rata-rata kepuasan pengguna, 3,92 yang artinya sistem e-business yang dikembangkan sangat penting dan pengguna merasa puas dalam penggunaan sistem tersebut

Keywords


e-business; PIECES; UKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. S. Utami, “Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Bisnis, Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta,” J. Akunt. dan Sist. Teknol. Inf., vol. Vol. 8 No., pp. 61–67, 2010.

J. Jauhari, “Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce,” J. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 159–168, 2010.

“Global Digital Report 2018,” 2018.

D. Chaffey, E-Business and Management E-Commerce, Fourth. London: Pearson Education Limited, 2009.

G. S. Pranata dan Darma, “Strategi Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 69–81, 2014.

M. S. Raisinghani, L. Meade, and L. L. Schkade, “Strategic e-Business Decision Analysis Using the Analytic Network Process,” IEEE Trans. Eng. Manag., vol. 54, no. 4, 2007.

A. Supriyatna and V. Maria, “khazanah informatika Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, pp. 88–94, 2017.

W. Bentley, System Analysis & Design Methods, Seventh. Mc Graw-Hill, 2007.

N. Azizah and V. Pramandani, “Implementasi supply chain management pada umkm tenun troso jepara,” NJCA, vol. 3 No.1, pp. 11–16, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i2.5185

Article Metrics

Abstract views : 324| PDF views : 515

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: