ANALISA PERBAIKAN KUALITAS KONTRAS CITRA X-RAY MENGGUNAKAN METODE EXPOSURE BASED SUB-IMAGE HISTOGRAMEQUALIZATION (ESIHE)

Aditya Akbar Riadi

Abstract


Perbaikan kualitas citra adalah proses dimana kualitas visual dari suatu citra ditingkatan sehingga didapatkan hasil yang lebih baik dari citra yang asli atau citra awal. Proses perbaikan kualitas citra dibagi menjadi dua domain yaitu domain frekuensi dan domain spasial. Dalam domain frekuensi, teknik beroperasi pada pemilihan frekuensi yang akan difilter. Sedangkan di domain spasial, teknik beroperasi secara langsung pada piksel citra. Pencahayaan berdasarkan gambar asli dan pemerataan histogram sub gambar terbukti sebagai teknik yang sangat efektif untuk meningkatkan pencahayaan yang kurang. Teknik perpotongan histogram juga dikombinasikan dengan pemerataan histogram. Hasil dari kombinasi kedua teknik ini mampumemberikan kontrol yang lebih dan menghasilkan peningkatan yang mengarah ke peningkatan alami.Langkah-langkah entropy dari metode ESIHE jelas menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh mampu melebihi metode HE.Selain itu Kualitas visual gambar ESIHE menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada metode HE untuk berbagai macam gambar x-ray.

Kata kunci: perbaikan kulitas citra, histogram equalization, esihe, entropy.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.519

Article Metrics

Abstract views : 567| PDF views : 389

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: