PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING SARANA DAN PRASARANA DAN PENERAPANNYA UNTUK KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA

Yayuk Ike Melani

Abstract


Sistem monitoring adalah sistem yang digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap sarana dan prasarana fasilitas kegiatan belajar mengajar. Sistem monitoring yang berjalan sebelumnya adalah menggunakan microsoft excel sebagai media pembuatan form kemudian dicetak dan dicatat manual dikertas untuk setiap kegiatan monitoring fasilitas kelas kemudian diarsipkan kedalam ordner. Setiap kali diminta untuk rekapan laporan perbulan, petugas harus membuka kembali arsip dan merekap satu persatu laporan yang ada sehingga memakan banyak waktu mengingat teknologi sudah berkembang pesat. Permasalahan lainnya adalah terjadinya human error dimana petugas yang telah selesai melakukan monitoring terkadang lupa mengarsipkan form kedalam ordner sehingga pada saat diminta pelaporan oleh pimpinan, petugas harus mencari file yang hilang atau pelaporan menjadi tidak lengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempermudah proses pengawasan terhadap sarana dan prasarana fasilitas kegiatan belajar mengajar, karena sistem yang dibangun adalah sistem satu pintu dimana proses monitoring, proses perekapan dan hasil laporan ada didalam sistem. Metode yang digunakan adalah metode Rapid Application Development atau RAD yang terdiri dari tiga fase yaitu fase requirements planning, fase RAD design workshop dan fase implementasi serta untuk pengujian sistem menggunakan blackbox testing. Hasil yang didapat berupa sebuah sistem monitoring sarana dan prasarana dan penerapannya untuk kegiatan belajar mengajar pada perguruan tinggi swasta yang ada di Palembang yang merupakan pengembangan dari sistem sebelumnya.


Keywords


monitoring; RAD; blackbox testing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


H. Hasta and R. Rulliyanto, "Aplikasi Teknologi Komunikasi Wireless Berbasis Zigbee Pada Sistem Kontrol Dan Monitoring Ruangan Kelas," Jurnal Ilmiah GIGA, vol. 18, pp. 61-72, 2019.

I. Neforawati, M. I. Fareza, and V. Juniarti, "Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Absensi Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta Menggunakan Teknologi NFC Pada Android," Jurnal Poli-Teknologi, vol. 14, 2015.

D. S. Putra and A. Fauzijah, "Perancangan Aplikasi Presensi Dosen Realtime Dengan Metode Rapid Application Development (RAD) Menggunakan Fingerprint Berbasis Web," Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, vol. 3, pp. 167-171, 2018.

H. Hasanah, "Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial)," At-Taqaddum, vol. 8, pp. 21-46, 2017.

A. Ayudia and B. Waluyo, Analisis kesalahan penggunaan bahasa indonesia dalam laporan hasil observasi pada siswa smp: Sebelas Maret University, 2016.

N. Siregar, "Meninjau Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP melalui Wawancara Berbasis Tugas Geometri," Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, pp. 128-137, 2016.

S. Satiakemala, "TEKNIK WAWANCARA DALAM STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENYIMAK PADA PEMELAJAR BAHASA PRANCIS," Jurnal SORA, vol. 4, pp. 31-39, 2019.

A. S. Rosa, "Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek," 2016.

M. K. MZ, "Pengujian perangkat lunak metode black-box berbasis equivalence partitions pada aplikasi sistem informasi sekolah," MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, vol. 6, 2016.

T. S. Jaya, "Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung)," Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, vol. 3, pp. 45-48, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i2.5195

Article Metrics

Abstract views : 248| PDF views : 142

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: