ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENGGUNAAN AUTO SCANER BARCODE PADA INNER BOX MENGGUNAKAN SOFTWARE STATISTICAL PROGRAMMING SOCIAL SCIENCE (SPSS) (STUDI KASUS: PT. DUTA NICHIRINDO PRATAMA)

Ade Sumaedi - [ https://orcid.org/0000-0001-5098-1810 ]
Makhsun Makhsun
Achmad Hindasyah

Abstract


Inner boxmerupakan salah satu child partyang digunakan untuk proses packaging product di PT. Duta Nichirindo Pratama yang memproduksi bermacam-macamfilter sepertifilterudara,filterbahan bakar, filter oli dan cabin filter. Inner box yang dilengkapi dengan barcode bertujuan untuk mempermudah perusahaan dan konsumen dalam mendeteksi jumlah produk, nomor produk dan jenis produk yang dikemas pada inner box agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Dalam hal ini PT. Duta Nichirindo Pratama merancang suatu sistem untuk pengecekan barcode padainner boxsecara otomatis yang berbasis komputasi sepertiVisual Basic.Net , Arduino dan diagram Unified Modeling Language (UML). Sistem
perancangan ini dimulai Juni 2019 pada line assembling, dari hasil perbaikan pengecekan barcode secara otomasis yang sudah berjalan maka perlu adanya penelitian terkait kenyamanan dan ke efektifitasan karyawan dengan mengukur tingkat validitas (nilai r hitung > r tabel) dan reabilitas (nila alpha > 0,60 ) penggunaan auto scaner barcode pada inner box menggunakan Software Statistical Programming Social Science (SPSS). Dimana hasil pengujian validitas adalah nilai r hitung (0,293 sampai dengan 0,829) lebih besar dari r table (0,2542) dan hasil pengujian reliability adalah nilai Cronbach’s Alpha (nila alpha) yaitu 0,763 sampai dengan 0,856 lebih besar dari 0,60, jadi implementasi pengecekan barcode secara otomatis dinyatakan efektif (valid).


Keywords


scaner barcode; visusl basic.Net; arduino; SPSS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Djuandi, Feri, (Juli 2011). Pengenalan Arduino, E-book www.tokobuku.com.

[2] Putro, Raden Welly Trijatno (2015), Aplikasi Pendeteksi Kesalahan Barcode Pada Box PT. DNP, STMIK Bina Sarana Global Tangerang

[3] Kusrini, (2010 ). Visual Basic, Penerbit PT. Gramedia Indonesia, Yogyakarta.

[4] Sujarweni, Wiratna, (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v12i1.5223

Article Metrics

Abstract views : 119| PDF views : 57

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: