SISTEM DETEKSI BANJIR SECARA DINI UNTUK MENGURANGI KERUGIAN KELOMPOK PETERNAK IKAN TAWAR DI DESA TEMULUS KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS

Muhammad Arifin
Supriyono Supriyono

Abstract


Desa Temulus merupakan desa yang memiliki potensi untuk menghasilkan hasil pertanian khususnya ikan tawar, dimana disana terdapat tambak-tambak yang telah dibuat oleh swasta maupun pemerintah. Peternak ikan tawar desa Temulus sering mengalami kerugian akibat banjir hal ini disebabkan karena informasi datangnya banjir terlambat sampai ke peternak. Penelitian ini bermaksud untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para peternak ikan tawar dimana penelitian ini mengusulkan desain alat deteksi banjir secara dini dengan menggunakan peralatan yang mudah didapat dan murah harganya. Langkah-langkah penelitian ini adalah proses analisa kebutuhan, perancangan, pembuatan, testing dan pemasangan alat. Desain alat deteksi banjir secara dini ini dapat dimanfaatkan oleh kelompok peternak ikan tawar di Desa Temulus Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus dengan harapan dapat mengurangi kerugian peternak ikan tawar akibat banjir. Penelitian ini juga dapat menjadi materi referensi bagi peneliti sejenis untuk mengembangkan alat yang lebih mutahir sesuai kebutuhan obyek penelitian dan dengan kemajuan teknologi yang ada.

Kata kunci: deteksi banjir dini, peternak ikan tawar.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.528

Article Metrics

Abstract views : 401| PDF views : 489

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: