PROTOTIPE APLIKASI ENGLISH LEARNING FOR TOUR GUIDE GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS PEMANDU WISATA DI PULAU KARIMUNJAWA BERBASIS ANDROID

Fatimatul Zahro
Adiva Salsabiela
Nurul Hidayah
Syafiul Muzid

Abstract


Kepulauan Karimunjawa merupakan wilayah yang kaya akan Obyek dan Daya Tarik Wisata(ODTW). Keindahan aamnya mampu menarik minat banyak wisatawan lokal maupunmanca negara. Jumlah pemandu wisata kususnya untuk wisatawan lokal maupun mancanegara  di Pulau Karimunjawa masih terbatas. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya kemampuan berbahasa Inggris para pemandu wisata. Selain itu pemandu wisata atau masyarakat yang ingin belajar bahasa Inggris harus keluar dari pulau untuk menemukan tempat kursus dan membutuhkan banyak waktu untuk belajar sehingga mereka harus meninggalkan kegiatan harian mereka. Kemampuan bahasa Inggris di dunia kepariwisataan sangat diperlukan oleh karena itu diperlukan inovasi salah satunya yaitu Aplikasi English Learning for Tour Guide(EL-Guide) yang dapat membantu para pemandu wisata untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Inovasi ini masih berupa prototipe aplikasi. Meskipun masih berupa prototipe tapi inovasi ini disusun disesuaikan dengan kebutuhan pemandu wisata. Kedepannya diharapkan prototipe aplikasi ini dapat direalisasikan menjadi produk yang dapat memberikan manfaat kepada masyarkat luas.


Keywords


aplikasi belajar bahasa inggris, aplikasi pemandu wisata, aplikasi kursus bahasa.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i2.5395

Article Metrics

Abstract views : 126| PDF views : 105

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: