PENERAPAN DATA MINING CLUSTERING DALAM MENGELOMPOKAN BUKU DENGAN METODE K-MEANS

januardi nasir

Abstract


Perpustakaan sebagai sarana sumber informasi dan ilmu pengetahuan untuk menyimpan bahan pustaka yang dipakai oleh pemakai untuk menggali ilmu sumber informasi. Penelitian dilakukan pada salah satu Perpustakaan yang ada di kota Batam. Perpustakaan ini memiliki beragam koleksi buku seperti buku umum, karya ilmiah, bahasa, sejarah, dan lain sebagainya. Permasalahan yang sering terjadi adalah buku yang dipinjam kadang tidak tersedia, selain itu pihak perpustakaan juga mengalami kesulitan karena tidak tau berapa jumlah buku yang dipinjam sehingga pihak Perpustakaan melihat kembali catatan transaksi meminjam buku pada buku tamu. Untuk itu dibuatlah suatu sistem dengan pengolahan jumlah data yang besar dengan teknik data mining metode k-means. Dari hasil yang diperoleh data peminjam buku yang telah diproses mendapatkan buku yang banyak dipinjam terdapat pada cluster 1 sebanyak 9 item, buku yang paling sedikit dipinjam terdapat pada cluster 2 sebanyak 15 item, buku yang cukup banyak dipinjam terdapat pada cluster 0 sebanyak 12 item.


Keywords


Perpustakaan, data mining, clustering, RapidMiner

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Ikhwan, D. Nofriansyah, and Sriani, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Fp-Growth untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan (Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma),” Saintikom, vol. 14, no. 3, pp. 211–226, 2015.

I. Budiman, “Data Clustering Menggunakan Metodologi Crisp-Dm Untuk Pengenalan Pola Proporsi Pelaksanaan Tridharma,” Semin. Nasioanal Apl. Teknol. Inf. 2012 (SNATI 2012), ISSN 1907-5022, vol. 2012, no. Snati, pp. 15–16, 2012.

Kusrini and E. T. Luthfi, Algoritma Data Mining. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2009.

E. Prasetyo, Data Mining Mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab. Yogyakarta: ANDI, 2014.

N. Jannah and T. Yulianto, “Mengelompokkan Siswa Berprestasi Akademik Dengan,” vol. 2, no. 2, 2016.

K. Handoko, “Penerapan Data Mining Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Instansi Perguruan Tinggi Menggunakan Metode K-Means Clustering (Studi Kasus Di Program Studi Tkj Akademi Komunitas Solok Selatan),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 02, no. 03, p. 31, 2016.

Sugiyono, “Metode Penelitian Manajemen,” no. ALFABETA, Bandung., 2014.

K. & E. T. Luthfi, Algoritma Data Mining. Yogyakarta, 2009.

C. Purnamaningsih, R. Saptono, and A. Aziz, “Pemanfaatan Metode K-Means Clustering dalam Penentuan Penjurusan Siswa SMA,” J. Teknol. Inf. ITSmart, vol. 3, no. 1, p. 27, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i2.5482

Article Metrics

Abstract views : 1404| PDF views : 770

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: