SISTEM IDENTIFIKASI CITRA JANIN TERHADAP ASUPAN GIZI IBU HAMIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOBEL DAN KIRSCH

Evrita Lusiana Utari - [ http://orcid.org/0000-0002-1825-0097 ]
Rr. Dewi Ngaisyah
Herison Surbakti

Abstract


Sistem Identifikasi digunakan untuk mendeteksi perubahan citra pada janin sehingga terbentuk tepi-tepi suatu obyek citra yang dimanfaatkan untuk mendeteksi citra janin. Metode citra yang digunakan dengan membandingkan antara metode Sobel dan metode Kirsch. Metode identifikasi ini digunakan untuk mendapatkan perbedaan intensitas.  Pada pemeriksaan ibu hamil,  kita  sering  melihat  janin  dengan berbagai  bentuk, ukuran anatomis gerakan serta hubungan dengan jaringan. Seiring dengan kemajuan informasi dan teknologi, maka memungkinkan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat membantu manusia untuk mengenali bentuk-bentuk janin terhadap asupan gizi ibu hamil.

Pengolahan citra digital adalah bidang yang berkembang dari teknologi digital dengan aplikasi deteksi janin dalam sains dan teknik. Salah satu bentuk janin yang terkait dengan pengolahan citra adalah pengenalan pola. Identifikasi janin dimulai dengan akuisisi data citra, pengolahan citra, deteksi tepi citra, dengan menggunakan metode Sobel dan metode Kirsch. Tujuan dari identifikasi ini untuk melihat kaitan antara asupan gizi ibu hamil dengan janin yang dikandungnya dengan melihat hasil citra yang diambil dari USG. Pengenalan pola akan mendeteksi citra janin sebagai masukan data. Hasil dari pengenalan pola tersebut akan dibandingkan dengan data citra yang lainnya. Berdasarkan hasil pengujian data citra janin metode Kirsch memiliki kinerja lebih baik dibandingkan metode Sobel. Hal ini dapat dilihat dari jumlah piksel penyusun tepi obyek memiliki nilai lebih besar dibandingkan dengan metode Sobel. Dan untuk tingkat akurasinya metode Kirsch memiliki tingkat akurasi lebih tinggi dan metode Sobel

 

 


Keywords


usg;identifikasi;janin

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, U.,(2005). Pengolahan Citra Digital dan Teknik Pemrogramannya, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Agustinus Nalwan. (1997) Pengolahan Gambar Secara Digital. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Hal: 209

Chitade. Anil. Colour Based Image Segmentation Using K-Means Clustering. International Journal of Enggineering Science of Technology. USA.

Divisi Kedokteran Fetomaternal Departemen OBGIN RSHS/FK Universitas Padjajaran. (2011). Ultrasonografi Obsetri dan Ginekologi. Jakarta.

EL. Utari. (2015), Analisa Deteksi Tepi Janin Dengan Menggunakan Metode Prewitt Dan Canny, Simposim RAPI ke 14, Universitas Muhamadiyah Surakarta

Gonzalez, R. C., Woods, R.E., ( 2002). Digital Image Processing second edition, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Lusiana, Veronica. (2013). Analisa Deteksi Tepi untuk mengidentifikasi Pola Daun, Jurnal Teknologi Informasi Vol. 18 No 2. Universitas Diponegoro, Semarang.

Munir, R. (2004). Pengolahan Citra Digital dengan pendekatan Algoritmik, Informatika Bandung.

Endjun, Januadi.( 2007),” Obstetri dan Ginekologi”, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta.

Nur Cholis, M (2014). Aplikasi Deteksi Tepi Sobel Untuk Identifikasi Tepi Citra Medis, MATHunesa Volume 3 Nomor 2.Universitas Negeri Surabaya.

Prasetyo, E. (2011). Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya menggunakan Matlab, Penerbit Andi Yogyakarta.

Purnomo, Hari Mauridhi. (2010) Konsep Pengolahan Citra Digital dan Ekstraksi Fitur, Graha Ilmu Yogyakarta.

Syari, Milea dkk. (2015). Peran Asupan Zat Gizi Makronutrien Ibu Hamil Terhadap Berat Badan Lahir Bayi, Jurnal Kesehatan Andalas, Universitas Andalas, Padang.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i2.5709

Article Metrics

Abstract views : 196| PDF views : 164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: