PERANCANGAN APLIKASI PENGOLAHAN DATA PENJUALAN PADA GELAEL SIGNATURE MT HARYONO JAKARTA SELATAN

Dhea Shifa Meliyanti
Harry Dhika
Kristiningsih Kristiningsih

Abstract


Gelael Signature MT Haryono yang merupakan salah satu toko swalayan yang serba ada ini berada di daerah Pancoran, sehingga banyak konsumen yang mempercayakan untuk membeli kebutuhan pokok mereka sehari–hari disana. Sistem yang sedang berjalan pada Gelael Signature MT Haryono ini terdapat beberapa kekurangan diantaranya dalam pengolahan data penjualan masih dilakukan secara manual dengan mencatat transaksi dan nota penjualan yang ada untuk diserahkan ke bagian pimpinan sebagai laporan penjualan, untuk meminimalisir kesalahan yang dibuat manusia serta membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatan laporan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam pengolahan data seperti pendataan, pembayaran maupun laporan transaksi. Oleh karena itu untuk memudahkan proses pengolahan data diperlukan sebuah aplikasi yang dapat membantu dalam mengolah data penjualan menggunakan platform aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Netbeans, MySQL sebagai basis data, dan XAMPP sebagai servernya yang bertujuan untuk mempermudah pihak toko dan pembeli dalam menjalankan operasional kegiatan pengolahan data penjualan. Serta dengan sistem yang terkomputerisasi, dapat tercapai suatu kegiatan yang lebih efektif dan efesien dalam menunjang kinerja pada perusahaan.

Keywords


toko swalayan; pengolahan data penjualan; netbeans; Mysql; Xampp;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adwiya, R., & Dina, F. (2015). Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Barang Penjualan Pada Cv. 132-138. [2] Aziz, M. (2019). Aplikasi Pengolahan Data Transaksi Berbasis Desktop Studo Kasus Di Pesona Cibeureum Clubhouse. [3] Ermatita. (2017). Sistem Informasi Stok Barang Pada Minimarket. Jurnal Sistem Informasi, 261-268. [4] Ladjamudin. (2013). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689-1699. [5] Marsela, O., & Laili, A. (2015). Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Penjualan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 77-95. [6] Momongan, V. M. (2016). Aplikasi Pengolahan Data dan Pemantauan Transaksi Kolektor dengan Debitur. [7] Mukhlas, M., & Juliana, P. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Pabrik Genteng Jatiwangi. 288-294. [8] Muryani, S. (2020). Sistem Informasi Pengolahan Data Pembelian dan Penjualan Menggunakan Accurate 5SE. Jurnal Infortech, 139-144. [9] Oliver, M. (2019). Sistem Informasi Aplikasi Pengolahan Transaksi Keuangan Harian dan Pendataan Barang Hasil Laut. [10] Pratomo, R. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Inventory Dan Penjualan. 95-102. [11] Rafii, M., & Ahyadi, Z. (2019). Aplikasi Pengolahan Data Transaksi Penjualan Barang Menggunakan Borland Delphi Versi 7.0. Poros Teknik. [12] Riksandriyo. (2013). Aplikasi Sistem Pengolahan Data Penjualan dan Profit Pada Traffix Distro Pacitan. [13] Tsani, M. R. (2016). Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Java PT. Andhika Sarana Mitra Jakarta Pusat. Sisfotenika. [14] Veza, O., & Panessai, I. Y. (2018). Perancangan Sistem Pengendalian Persediaan Barang Pada PT. Sukanda Djaya Dengan Menggunakan Metode First Expired First Out. Jurnal Teknik Ibnu Sina, 95-105.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v12i2.6624

Article Metrics

Abstract views : 95| PDF views : 113

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: