INTEGRASI TEKNIK PENDETEKSIAN OBYEK MENGGUNAKAN SENSOR PIR DENGAN KONTROL PERGERAKAN SLIDING CAMERA PADA SISTEM KEAMANAN BENGKEL

Deni Kurnia
Rizky Fitri Hidayatulloh

Abstract


Keamanan merupakan salah satu faktor yang diperlukan dalam setiap aktivitas manusia dan area yang ditempatinya. Salah satu area yang perlu mendapatkan perhatian keamanannya adalah gedung-gedung yang memiliki aset bernilai tinggi, seperti pabrik, bengkel, laboratorium, gudang dll. Metodologi penelitian dilakukan dengan cara merancang sistem elektronika, mekanika dan program untuk menangani sistem kemananan laboratorium yang mengintegrasikan kemampuan deteksi sensor PIR dengan sliding camera yang didesain khusus agar memiliki jangkauan yang luas. Pengontrolan gerakan kamera selain bekerja secara otomatis, juga bisa secara manual melalui web, baik melalui PC atau smartphone. Prinsip kerjanya, sistem akan memberikan peringatan melalui alarm sekaligus mengaktifkan solenoid doorlock saat itu juga untuk mengunci lab jika ada pencuri yang masuk kedalam lab. Disaat yang sama kamera dapat merekam kejadian tersebut secara realtime dan disimpan dalam bentuk data video dan gambar sebagai bukti bahwa pencuri yang bersangkutan masuk kedalam lab. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sistem yang dirancang dapat bekerja dengan baik sesuai dengan spesifikasi yang telah dibuat.

Kata kunci: sistem keamanan gedung, PIR sensor, web monitoring, sliding camera.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.771

Article Metrics

Abstract views : 377| PDF views : 996

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: