IMPLEMENTASI INVERTER SEBAGAI PENGENDALI MOTOR INDUKSI TIGA FASA DENGAN METODE SPACE VECTOR PULSE WIDTH MODULATION (SVPWM)

Emmanuel Agung Nugroho

Abstract


Penelitian ini merancang dan menganalisa inverter 3 fasa sebagai pengendali motor induksi 3 fasa dengan metode Space Vector Pulse Width Modulation (SVPWM) menggunakan IC terprogram. Pengujian dilakukan untuk membuktikan bahwa inverter terkendali SVPWM memiliki efisiensi tegangan keluaran lebih baik jika dibandingkan dengan Variable Speed Drive (VSD) inverter yang dijual dipasaran. Data hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan osiloskope, volt meter dan clamp arus membuktikan hasil perancangan inverter terkendali SVPWM memiliki efisiensi tegangan keluaran sebesar 83,3 % pada frekuensi 50 Hz. Hal ini lebih baik jika dibandingkan Variable Speed Drive dengan metode Volt/Hertz control yang menghasilkan efisiensi tegangan keluaran pada frekuensi 50 Hz sebesar 75,9%. Pada pengujian motor induksi 3 fasa 2,2 KW membuktikan metode SVPWM Inverter mampu menekan arus mula sebesar 59,1% dan menekan konsumsi arus nominal pada frekuensi 50 Hz sebesar 90,1 %.

Kata kunci: motor induksi, variable speed drive, inverter 3 fasa, space vector pulse width modulation

(SVPWM)


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.772

Article Metrics

Abstract views : 904| PDF views : 2154

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: