IMPLEMENTASI DAN ANALISIS COLOR GRADING TERHADAP EMOSI PENONTON PADA VIDEO WEDDING “AFRA DAN SEPTIAN”

Jihat Nur Robbi
Sandi Prasetyaningsih

Abstract


Pada proses pasca produksi pada video, pengoreksian warna merupakan salah satu tahapan yang penting. Seorang editor memiliki peran yang sangat penting untuk melanjutkan visualisasi emosi yang dirasakan oleh karakter pada setiap scene. Pada video wedding Afra & Septian, peneliti akan membahas color grading dengan tingkat emosi penonton berdasarkan penelitian kuantitatif. Penelitian ini memiliki beberapa tahap, yaitu implementasi, observasi, kuesioner, pengumpulan data, dan analisa menggunakan Anova.  Penelitian ini melibatkan 32 orang responden yang terdiri dari tujuh pasangan yang akan menikah dan tujuh pasangan yang akan menikah. Hasil analisis menunjukkan bahwa proses color grading menggunakan warna red, green, blue dan kombinasi tidak mempengaruhi emosi penonton. Hasil pengujian hipotesis memberikan hasil nilai rata-rata pra assesment dan pasca assesment pada video versi green adalah sama atau tidak ada perbedaan yang signifikan, sedangkan pada video versi red, blue dan kombinasi memberikan hasil nilai rata-rata pra assesment dan pasca assesment memiliki perbedaan yang signifikan.


Keywords


color, grading, emosi, editing, anova, kuantitatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Widiarto, W., 2016. Peringkasan Konten Video Menggunakan Metode Berbasis Frame Kunci (keyframe). ITSMART: Jurnal Teknologi dan Informasi, 1(2), pp.82-87.

Tanaya, I. B. D., C., Trimarianto dan I. W. Y. Manik,. 2018. Penerapan Tema Art of Light pada Ruang Dalam. Studio Profesional Fotografi Dan Videografi Di Ubud, vol. VI, no. 2, pp. 153-156, 2018.

Pracihara, M.M., 2016. Warna sebagai Look dan Mood pada Videografi Film Televisi “Pancer”. INVENSI (Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni), 1(1), pp.26-36.

Ardyaksa, A.S. and Hastjarjo, T.D., 2016. Pengaruh film alternatif terhadap emosi. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 2(1), pp.1-7.

Fortunanda, D.R., 2017. Penyutradaraan Dokumenter “Mini Garages” Dengan Gaya Performatif (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Zulfiqar, S. and Islam, A., 2017. Exploring the role of emotions and mood s in decision making: Study on the use of structured decision approach and intuition. International Journal of Engineering and Management Sciences, 2(3), pp.140-149.

Kurt, S. and Osueke, K.K., 2014. The effects of color on the mood s of college students. sage Open, 4(1), p.2158244014525423.

F. Tiffany, "Kompasiana," 2015. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/fransiska.t/5500caf9a333119a72511f4e/pengaruh-warna-dalam-ruang-terhadap-kondisi-fisik-dan-psikologis-manusia. [Accessed 13 October 2020].

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R. and Herlina, D., 2017. Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).

Roslan, S., Anggraini, D. and Minanda, A., 2018. Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari (Doctoral dissertation, Haluoleo University).

Hasanah, H., 2017. Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), pp.21-46.

Hariningtyas, R.A. and Aisyah, M.N., 2015. Pengaruh Asimetri Informasi Terhadap Senjangan Anggaran pada Penganggaran Partisipatif dengan Orientasi Etika Sebagai Variabel Moderating. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 4(2), pp.73-87.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v13i1.7793

Article Metrics

Abstract views : 635| PDF views : 297

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: