PERANCANGAN SISTEM MONITORING JARAK JAUH PADA SMART AGRICULTURE SYSTEM

Sulistio Nanda Reynara

Abstract


Smart Agriculture System yang akan dirancang akan berfokus sebagai alat penyemaian benih padi dengan menggunakan sistem monitoring. Untuk melakukan penyemaian benih padi ada beberapa faktor yang menyebabkan penyemaian benih padi ini mengalami penurunan kualitas benih hingga mengalami kegagalan, maka dari itu penelitian ini bertujuan memonitoring tempat penyemaian benih padi. Penelitian ini menggunakan sistem dan teknologi yang memiliki kemampuan untuk mencegah kegagalan penyemaian benih padi dan menciptakan benih padi yang berkualitas. Sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah untuk memonitoring pH air, kelembaban tanah, suhu udara dan Kelembaban udara. Sistem yang digunakan secara otomatis memonitoring dan mengontrol aktuator. Alat-alat yang terdapat pada penelitian ini dilengkapi dengan hardware utama Arduino UNO, DHT-11, YL-69, dan pH Meter SEN0161. Pada penelitian ini peneliti membuat alat ini dengan melakukan beberapa tahap observasi, analisis, perancangan dan desain. Hasilakhir dari penelitian ini adalah berhasil membuat suatu simulasi dimana mampu untuk memonitoring pH air, kelembaban tanah, suhu udara, dan kelembaban udara. Sehingga monitoring jarak jauh pada smart agriculture system berhasil dibuat dan menghasilkan benih padi yang berkualitas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


F. Y. Ontowirjo, V. C. Poekoel, P. D. Manembu and R. F, "Implementasi Internet of Things Pada Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban Pada Ruangan Pengering Berbasis Web," vol. 7, no. 3, 2018.

R. Sirait and C. Botiwicaksono, "Sistem Kontrol Kelembaban Tanah Pada Tanaman Tomat Menggunakan PID," Techno.COM, vol. 19, no. 3, pp. 262-273, Agustus 2020.

I. Ruslianto, I. Saputra and D. Triyanto, "Sistem Kendali Suhu Kelembaban Dan Level Air Pada Pertanian Pola Hidroponik," Jurnal Coding, Sistem, vol. 3, no. 1, pp. 1-10, 2015.

Y. Rahmanto, A. Rifaini, S. Samsugi and S. D. Riskiono, "SISTEM MONITORING PH AIR PADA AQUAPONIK MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNO," JTST, vol. 1, no. 1, pp. 23-28, 2020.

S. Yaakub and R. Meilano, "Potensi Sensor Kelembaban Tanah YL-69 Sebagai Pemonitor Tingkat Kelembaban Media Tanam Palawija," ELTI, vol. 1, no. 1, pp. 7-16, Juli 2019.

P. Yudhaprakosa, S. R. Akbar and R. Maulana, "Sistem Otomasi dan Monitoring Tanaman Hidroponik Berbasis Real Time OS," vol. 3, no. 4, pp. 3285-3293, April 2019.

A. C. E. Hafidianto, A. Nugraha and M. N. Adani, "SIMULASI DESAIN DAN ANALISIS ALAT PENDETEKSI SUHU MENGGUNAKAN PROTEUS," METHOMIKA, vol. 4, no. 1, 1 April 2020.

A. D, P. S and R. N, Analysis Emoticon and Sarcasm Effect on Sentiment Analysis of Indonesian Language in Twitter, JISEBI, 2019.

D. Alita, Fernando and Sulistiani, "IMPLEMENTASI ALGORITMA MULTICLASS SVM PADA OPINI PUBLIK BERBAHASA INDONESIA DI TWITTER," vol. 14, no. 2, pp. 86-91, 2020.

D. R. Kalaivani and A. K. sri, "Simulation of Smart Meter Using Proteus software for Smart Grid," International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET) , vol. 4, no. 1, pp. 186-193, Januari 2017.

W. Budiharto, Panduan Lengkap Belajar Mikrokontroller Perancangan dan Aplikasi Mikrokontroller, Jakarta: Gramedia, 2005.

P. Sudira, Modul Bahan Ajar:Mikrokontroller, 2015.

J. S. Saputro and U. Latifa, "PERANCANGAN KENDALI KESEIMBANGAN POSISI BOLA MENGGUNAKAN METODE KENDALI PID," Barometer, vol. 3, no. 2, pp. 147-151, Juli 2018.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v13i1.7906

Article Metrics

Abstract views : 314| PDF views : 256

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: