Analisis perpindahan panas pada mesin pengering daun kelor tipe tray dryer mengggunakan lampu pijar sebagai pemanas

Anderias Lalo Mere - [ https://orcid.org/0000-0001-6120-6465 ]
Arifin Sanusi
Ben Vasco Tarigan

Abstract


Pengeringan merupakan proses menghilangkan sejumlah air yang terdapat dalam suatu material. Pengeringan biasanya dilakukan pada produk makanan untuk diawetkan. Salah satu pengaplikasiannya adalah pengeringan pada daun kelor. Berdasarkan penjelasan dari beberapa riset menyatakan bahwa kandungan nutrisi pada daun kelor tidak bertahan lama. Oleh karena kandungan nutrisi daun kelor tidak bertahan lama, langkah untuk mempertahankan kandungan nutrisi pada daun kelor yaitu diawetkan melalui proses pengeringan. Pengeringan daun kelor dengan bantuan panas buatan merupakan alternatif yang sedang dikembangkan untuk diteliti lebih lanjut yaitu pengering tipe tray dryer yang menggunakan lampu pijar sebagai pemanas. Tujuan penelitian dilakukan adalah menghitung laju perpindahan panas untuk mengetahui besar kerugian panas dan efisiensi mesin pengering daun kelor. selain itu tujuan penelitian bertujuan untuk mengetahui laju penurunan kelembaban dalam mesin pengering. setelah dilakukan penelitian maka disimpulkan bahwa mesin pengering mampu mengeringkan 2 kg daun kelor mentah menjadi 200 gram. Kelembaban awal dalam mesin pengering adalah 86%, setelah melalui proses pengeringan selama 24 jam menjadi 23.5%. Sebaran panas dalam mesin pengering cukup merata karena selisi temperatur antara setiap rak 0.3 – 1.7oC  dengan temperatur rata-rata dalam mesin pengering 51oC. Efisiensi mesin pengering daun kelor adalah 63.64%


Keywords


pengeringan; tray rfyer; daun kelor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1]Aminah, Syarifah., Ramdhan, Tezar., Yanis, Muflihani. 2015. "Kandungan Nustrisi dan Sifat Fungsional Tanaman Kelor (Moringga Oleifera)" Buletin Pertanian Perkotaan 5.2, 10.

[2]Nizam, Muhammad. 2010. “Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan Berbasis Radial Untuk Menentukan Prediksi Waktu Pengeringan Gabah Pada Pengering Radiasi Infra Merah,” 8. 2, 173.

[3]Nugroho, Joko., Supeno, Destiani., Bintoro, Nursigit. 2013. "Pengeringan Singkong Menggunakan Pengering Tipe Rak." Seminar Nasional Sains & Teknologi V, 1250-1258.

[4]Holman, J. Philp. (2010). Heat Transfer, New York: Higher Education.

[5]Napitupulu, Farel H., Tua, Putra Mora. 2012. "Perancangan Dan Pengujian Alat Pengering Kakao Dengan Tipe Cabinet Dryer Untuk Kapasitas 7,5 kg Per Siklus." Jurnal Dinamis 2.10, 12.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v13i2.7925

Article Metrics

Abstract views : 363| PDF views : 446

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: