RANCANG BANGUN DATABASE DUA ARAH DENGAN KENDALI RASPBERRY PI PADA INTEGRASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENYAKIT MENULAR

Angga Prasetyo

Sari


Puskesmas sebagai unit kesehatan tingkat pertama memiliki tugas pokok yaitu pengobatan, perawatan kesehatan, kesehatan lingkungan, membina kesehatan ibu dan anak, pencegahan penyakit menular, pencatatan dan pelaporan. Dari keseluruhan tugas tampaknya tidak seluruhnya digarap oleh puskesmas terutama pencatatan dan pelaporan untuk pencegahan penyakit menular serta pola penyebarannya. untuk mengawasi dan mengendalikan perencananan program kesehatan termasuk penekanan penyebaran penyakit menular, puskesmas belum memiliki alat bantu yang terintegrasi satu atap secara real time dengan dinas kesehatan, untuk itu dibutuhkan sistem informasi geografis (SIG) untuk memvisualisasikan data penyakit menular, hal ini juga perlu ditunjang perangkat yang optimal dengan biaya yang murah dengan menggunakan raspberry pi sebagai kendali otomasi server data dalam replikasi. Proses memanfaatkan replikasi database dua arah menggunakan dua server dengan server satu sebagai master sedangkan server lainnya berfungsi sebagai slave. Hasil pengujian replikasi pada transaction rate untuk meminimalkan antrian data node 1 pada nilai 1,99/detik setiap transaksi data, node 2 nilai 2,02/detik, sedangkan balancer dengan nilai 1,91/detik, sedangkan response time atau kecepatan replikasi database dalam menangkap dan mengirimkan data sangat efektif, pada node 1 0,33/s untuk kecepatan proses, node 2 dengan waktu 0,01/s, dan balancer 0,13/s.

Kata kunci: puskesmas, replikasi database dua arah, penyakit menular, dinas kesehatan, sistem informasi geografis (SIG).


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.793

Article Metrics

Sari views : 245| PDF views : 239

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: