PENGARUH PERLAKUAN PANAS SERAT TERHADAP SIFAT TARIK SERAT TUNGGAL DAN KOMPOSIT CANTULA-rHDPE

Akhmad Fathoni
Wijang Wisnu Raharjo
Teguh Triyono

Abstract


Sifat komposit ditentukan oleh sifat serat, matrik, dan ikatan yang terbentuk antara serat dan matrik. Peningkatan sifat serat serta komposit dapat dilakukan dengan perlakuan panas. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengaruh perlakuan panas terhadap sifat tarik serat dan komposit. Pada penelitian ini, perlakuan panas serat dilakukan selama 10 jam dengan variasi temperatur 100°C, 120°C, 140°C dan

160°C. Pembuatan spesimen serat tunggal mengacu pada American Standard Testing and Material C1557. Pembuatan komposit dilakukan dengan metode tekan panas.  Parameter proses yang  dipilih meliputi temperatur 150°C, waktu penahanan 25 menit dan tekanan pengepressan 50 bar. Pengujian yang dilakukan terdiri dari uji tarik serat tunggal dan uji tarik komposit. Selain itu, pengamatan permukaan serat dan ikatan antar muka serat-matrik dilakukan menggunakan scanning electron microscope. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kekuatan tarik serat dan komposit mengalami peningkatan pada perlakuan panas serat sampai dengan 140°C selama 10 jam dan akan menurun pada perlakuan panas diatasnya.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.818

Article Metrics

Abstract views : 316| PDF views : 941

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: