Audit Sistem Informasi Zahir Accounting pada Rumah Busana Muslim Riri

Hary Rahmadi
Martina Ayu Wigati
Ishak Kholil

Abstract


Rumah Busana Muslim Riri merupakan salah satu dari banyak perusahaan yang bergerak dibidang manufacturing pakaian muslim yang menggunakan Aplikasi Zahir Accounting untuk sistem pencatatan keuangan perusahaan dari mulai proses pembelian bahan sampai terjadinya transaksi penjualan. Untuk selanjutnya, kalimat Rumah Busana Muslim Riri akan disingkat menjadi RBM Riri. Cobit adalah TI govermance best practice yang sangat membantu auditor, manajemen, pengguna untuk menghubungkan aspek bisnis, kebutuhan kontrol dan teknis TI. Cobit memberi arahan yang berfokus pada bisnis, dan oleh sebab itu manajemen termasuk manajer auditor dan pengguna, diharapkan dapat menggunakan panduan ini dengan baik. Dalam penelitian ini digunakan COBIT 5 dengan focus domain DSS03 dan DSS05. Data yang didapat diperoleh dari pembagian dan pengisian kuesioner oleh pihak-pihak yang bersangkutan. Data yang sudah didapat akan dioleh menggunanakan COBIT DSS03 dan DSS05 agar penelitian ini tidak membahas terlalu luas dan memiliki arah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. DSS03 berada dilevel Repeatble but Invinitve yang sudah termasuk kedalam hal yang baik dan memiliki gap yang tidak berbeda level dengan yang diharapkan. DSS05 (Manage Security Service) berada dilevel Ad Hoc yang merupakan level terendah kedua dan memiliki gap yang berbeda level dengan yang diharapkan. 



Keywords


Audit Sistem Informasi; COBIT 5; DSS03; DSS05; Zahir Accounting

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] M. R. Ridho, “Jurnal Comasie,” vol. 02, 2021.

[2] E. Zuraidah and C. Budihartanti, Audit Sistem Informasi dan Manajemen Menggunakan Cobit 4 dan 5, 1st ed. Yogyakarta: GRAHA ILMU, 2021.

[3] P. Octaviyanti, “Resume Audit Sistem Enterprise Asset Management Menggunakan Framework Cobit 5,” Ikraith-Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 34–42, 2020.

[4] A. A. Hidayat, Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing, 2021.

[5] R. Umar, I. Riadi, and E. Handoyo, “Analisis Keamanan Sistem Informasi Berdasarkan Framework COBIT 5 Menggunakan Capability Maturity Model Integration (CMMI),” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 9, no. 1, p. 47, 2019, doi: 10.21456/vol9iss1pp47-54.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v14i2.9551

Article Metrics

Abstract views : 121| PDF views : 101

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: