MODEL ADOPSI UKM DI KUDUS TERHADAP E-COMMERCE

Muhammad Malik Hakim
Mukhamad Nurkamid

Abstract


Salah satu fungsi e-commerce adalah memungkinkan layanan pemasaran dan penjualan dapat dilakukan secara online di internet. Dengan e-commerce, pembeli dapat dengan mudah melihat produk unggulan dan bertransaksi sesuai dengan produk secara elektornik yang dipilihnya kapan dan dimana saja. Namun para pelaku UKM yang memiliki kemampuan dan fasilitas masih banyak yang belum memanfaatkan e-commerce secara optimal, yang berdampak pada kurang majunya perkembangan usahanya. Penelitian ini menjelaskan hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-commerce oleh UKM dengan model UTAUT di Padurenan – Kabupaten Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi e-commerce belum efektif dikarenakan UKM belum memiliki niat dan keyakinan yang tinggi terhadap manfaat penggunaan e-commerce; kurangnya faktor pengaruh sosial dari komunitas sesama UKM; serta kurangnya dukungan fasilitas baik sarana maupun prasarana dan tenaga ahli dari pihak pembina UKM terkait.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.974

Article Metrics

Abstract views : 2198| PDF views : 1839

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: