Analisis User Experience Sistem Informasi Akademik Menggunakan Heart Metrics dan Importance Performance Analysis

Brahmantya Adi Saputra - [ https://orcid.org/0000-0002-7820-448X ]
Arista Pratama
Eristya Maya Safitri

Abstract


Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) merupakan sebuah perangkat lunak berbasis website yang digunakan untuk mengelola administrasi akademik di STIKes Salsabila Serang. Terdapat beberapa masalah yang dialami pengguna selama mengoperasionalkan SIAKAD, sehingga penting untuk meningkatkan kualitas sistem berdasarkan user experience. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penilaian user experience SIAKAD dan mengetahui hal-hal yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan berdasarkan pengalaman pengguna. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah HEART Metrics dengan sub variabel Happiness, Engagement, Adoption, Retention dan Task Success. Metode yang digunakan adalah Importance Performance Analysis. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 75 pengguna aktif SIAKAD STIKes Salsabila Serang. Hasil analisis HEART Metrics adalah tingkat user experience SIAKAD memperoleh kriteria sangat tinggi pada Level of Usability. Hasil metode Importance Performance Analysis pada kuadran I adalah H1, R2 dan TSM3. Sehingga perlu dievaluasi dan ditingkatkan prioritasnya, karena ketiga pernyataan tersebut berpengaruh terhadap pengalaman pengguna saat menggunakan SIAKAD STIKes Salsabila Serang.

Keywords


user experience; sistem informasi akademik STIKes Salsabila Serang; HEART metrics; importance performance analysis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Akbarullah, M. Suyanto, and Sukoco, “Evaluasi User Experience Pada Sistem Informasi Akademik di STKIP PGRI Pacitan,” J. Inform., pp. 1573–1577, 2019.

[2] M. Rauschenberger, M. Schrepp, M. Perez-Cota, S. Olschner, and J. Thomaschewski, “Efficient Measurement of the User Experience of Interactive Products. How to use the User Experience Questionnaire (UEQ).Example: Spanish Language Version,” Int. J. Interact. Multimed. Artif. Intell., vol. 2 no. 1, p. 39, 2013.

[3] M. B. Wiryawan, “User Experience (UX) sebagai bagian dari pemikiran desain dalam pendidikan tinggi desain komunikasi visual,” Humaniora, vol. 2(2), pp. 1158–1166, 2011.

[4] A. V. Pratama, A. D. Lestari, and Q. Aini, “ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI ACADEMIC INFORMATION SYSTEM (AIS) MOBILE UNTUK USER-CENTERED METRICS MENGGUNAKAN HEART FRAMEWORK,” Sist. J. Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 405 – 412, 2019.

[5] F. Tjiptono, Service Quality and Satisfaction, 2nd ed. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

[6] F. K. Dewi and M. Ariyanti, “Perbandingan User Experience Aplikasi Digital Wallet (Pengguna Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja) pada Mahasiswa Bandung Jurnal Manajemen Teknologi,” J. Manaj. Teknol., vol. 19, no. 2, pp. 111–129, 2020, doi: 10.12695/jmt.2020.19.2.1.

[7] S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan paraktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

[8] L. Gay and P. Diehl, “Research Methods for Business and Management,” 1992.

[9] Priyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing, 2016.

[10] M. A. Maricar, D. Pramana, and E. Edwar, “Pengujian Prototype Pemesanan Creative Gift Menggunakan HEART Framework,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 6, no. 2, p. 1166, Apr. 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.3982.

[11] O. V. T. Utami, C. Wiguna, and D. M. Kusumawardani, “Implementasi dan Pengukuran Pengalaman Pengguna Sistem Informasi Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Napza Menggunakan Heart Framework,” Sistemasi, vol. 10, no. 2, p. 460, 2021, doi: 10.32520/stmsi.v10i2.1304.

[12] Algifari, Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance Performance Analysis (IPA), dan Model Kano. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA, 2016.

[13] J. L. B. Sagala, E. M. Sipayung, and A. S. Gunawan, “Pengembangan Sistem Penilaian Kualitas Pelayanan dengan Metode Importance Performance Analysis ( IPA ),” J. Telemat., vol. 8, no. 1, pp. 22–28, 2015, [Online]. Available: https://journal.ithb.ac.id/telematika/article/view/67 Diakses tanggal 7 Novemver 2019.

[14] A. Akbar, V. Rizky, T. Lathif, M. Suryanto, and M. Safitri, “ANALISIS USER EXPERIENCE PENGGUNA APLIKASI KAI ACCESS BERDASARKAN ALAT UKUR HEART METRICS,” 2021. [Online]. Available: www.kai.id,

[15] H. W. Delone and E. R. McLean, “The Delone And Mclean Model Of Information Systems Success : A Ten – Year Update,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 19, no. 4, pp. 9–30.

[16] M. Rakhmadian, S. Hidayatullah, H. Respati, and U. M. Malang, “ANALISIS KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DOSEN,” no. September, pp. 665–675, 2017.

[17] P. Ratnawati, “Mengukur Kepuasaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pendidikan,” J. Pendidik., vol. 8, no. 2, p. 25, 2003.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v14i2.9827

Article Metrics

Abstract views : 243| PDF views : 173

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: