Analisa Balancing BMS (Battery Management System) pada Pengisian Baterai Lithium-Ion Tipe INR 18650 dengan Metode Cut Off
Abstract
Baterai lithium-ion merupakan salah satu jenis baterai yang banyak digunakan pada kendaraan listrik maupun perangkat elektronik dimasa kini, karena memiliki performa yang baik dengan densitas energi lebih tinggi dan umur pakai panjang. Penelitian ini menggunakan baterai dengan jenis lithium-ion tipe INR 18650 3.7volt 2500mAh dengan bahan lithium nickel cobalt aluminum oxide (LiNiCoAlO2). Jumlah baterai adalah 15 sel, dengan total kapasitas yang terpasang pada BMS sebesar 11.1 volt 12500 mAh. Lama waktu pengisian baterai dari kondisi low voltage (8.8v) sampai kondis high voltage (12.8v) memakan waktu selama 7 jam, dengan tegangan input 12v.
Sistem cut off low voltage dan high voltage berhasil dilakukan BMS, dengan sistem proteksi yang memutus aliran pengisian ketika baterai sudah mencapai kondisi high yaitu 4.2v, dan memutus aliran pengurasan ketika baterai berada pada kondisi low yaitu 2.8v. Sistem balancing BMS berhasil melakukan penyeimbangan tegangan pada semua sel baterai ketika dilakukan pengisian, hal tersebut dibuktikan dengan pengukuran menggunakan multimeter kepada 15 sel baterai dalam kondisi penuh yaitu mengasilkan pembacaan tegangan sebesar 4.2v.Keywords
Teks Lengkap:
PDFReferensi
[1] F. A. Perdana, “Baterai Lithium,” INKUIRI J. Pendidik. IPA, vol. 9, no. 2, p. 113, 2021, doi: 10.20961/inkuiri.v9i2.50082.
[2] D. F. Arfianto, D. Fahmi, and D. A. Asfani, “Pemantauan, Proteksi, dan Ekualisasi Batera i Lithium-Ion Tersusun Seri Menggunakan Konverter Buck-Boost dan LC Seri dengan Kontrol Synchronous Phase SHift,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 2, 2016, doi: 10.12962/j23373539.v5i2.16053.
[3] A. Hauser and R. Kuhn, High-voltage battery management systems (BMS) for electric vehicles. Elsevier Ltd., 2015. doi: 10.1016/B978 -1-78242-377-5.00011-X.
[4] P. Ningrum, N. A. Windarko, and S. Suhariningsih, “Battery Management System (BMS) Dengan State Of Charge (SOC) Metode Modified Coulomb Counting,” INOVTEK - Seri Elektro, vol. 1, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.35314/ise.v1i1.1022.
[5] R. Sreedhar and K. Karunanithi, “Design, simulation analysis of universal battery management system for EV applications,” Mater. Today Proc., no. xxxx, 2021, doi: 10.1016/j.matpr.2020.12.136.
[6] P. L. D. Prihananto, M. Facta, and S. Sudjadi, “Perancangan Cut Off Sebagai Pemutus Tegangan Dan Arus Sistem Charging Baterai,” Transient, vol. 7, no. 4, p. 911, 2019, doi: 10.14710/transient.7.4.911-817.
[7] E. Loniza, J. Andriano Situmorang, and A. Imam Cahyadi, “Cell Balancing On Three- Cell Lithium Polymer Batteries Connected In Series,” J. Electr. Technol. UMY, vol. 1, no. 3, pp. 135–142, 2017, doi: 10.18196/jet.1318.DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v14i2.9852
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: