Analisis Kesalahan Ejaan dan Konjungsi Dalam Teks Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Sidigede

Siska Nadia Febrianti
Syaharani Naswa Natasya
rani setiawaty

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan kesalahan penulisan ejaan dan pemakaian kata hubung dalam karangan teks narasi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Sidigede Jepara. Penelitian ini memakai metode penelitian analisi deskriptif kualitatif. Data dalam analisis ini yaitu teks narasi pada siswa SD berupa kesalahan ejaan dan konjungsi. Sumber data dalam analisis ini yaitu karangan teks narasi siswa kelas IV SDN Sidigede Jepara. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi berupa lembar teks narasi hasil karya siswa. Teknik analisis data adalah dengan menganalisis data yang terdapat kesalahan berbahasa, mengklasifikasi dan mengelompokan data dari hasil analisis, menggambarkan data, dan mengelompokkan data dari hasil analisis data yang diperoleh. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, jenis-jenis kesalahan, termasuk kesalahan ejaan, adalah sebagai berikut: a) kelalaian dalam penggunaan huruf, b) kesalahan penulisan kata, dan c) kekeliruan dalam penerapan tanda baca. Analisis hasil penelitian mengindikasikan (1) terdapat kesalahan dalam penggunaan huruf, penulisan kata, dan penggunaan tanda baca; (2) ditemukan kesalahan dalam penggunaan konjungsi, termasuk penempatan yang tidak tepat dan penggunaan yang berlebihan.

Keywords


Teks Narasi, Ejaan, Konjungsi.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/sinesis.v1i2.11868

Article Metrics

Abstract views : 46| PDF views : 43

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Sinesis

ISSN

e-ISSN