Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD N Bogotanjung 01 Gabus Pati

Nur Kusuma Astuti
Farida maulida
Fara Fatika Maharani
Rani Setyawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan tata bahasa yang dilakukan siswa kelas IV SD Negeri Bogotanjung 01 di Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, dalam esai narasi mereka. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian deskriptif kualitatif adalah: siswa Kelas IV SD Negeri Bogotanjung 01, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, menulis karangan naratif yang didalamnya mereka mengumpulkan informasi mengenai kesalahan berbahasa dan melakukan pemeriksaan terhadap kesalahan kebahasaan. Siswa kelas empat dijadikan sebagai subjek penelitian. Siswa kelas IV SDN Bogotanjung 01 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati dijadikan sumber tulisan naratif yang menyusun data. Para peneliti dalam penelitian ini memasukkan strategi membaca dan mencatat selain studi dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Metodologi analisis data kualitatif Miles dan Huberman diterapkan pada data ini. Berdasarkan temuan penelitian, terdapat kesalahan tata bahasa pada karangan narasi kelas IV siswa SD Negeri Bogotanjung 01 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Kesalahan tersebut antara lain penggunaan huruf kapital, preposisi, pleonasme, dan penghapusan kata yang tidak tepat.


Keywords


analisis, kesalahan berbahasa, karangan, narasi, siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


N.Afiana (2018). Analisis Kesalahan Bahasa Indonesia pada Tingkat Ejaan dalam Esai Siswa. Prosiding Konferensi Ilmu Pengetahuan Dasar, 1, 68–78. Prosiding di Unipma Academia id/index.php/KID/article/view/451 Martini, A., dan Apriliana, AC. (2018). Kesalahan ejaan pada karangan narasi siswa kelas V SD se-Kabupaten Sumedang Selatan dianalisis. Pratama: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 227. URL 10.33578/jpfkip.v7i2.6267. Ariesta, W., & Sabardila, A. (2021). Kesalahan Berbahasa Bidang Linguistik pada Pidato Mahasiswa MPBI-UMS yang Berperan sebagai Bupati Terpilih Boyolali. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(2), 345. https://doi.org/10.25157/literasi.v5i2.5991 Endah, N., Sumarwati, & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Esposisi Siswa Seolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 1(1), 40–53. Fernando, M., Basuki, R., & Suryadi, S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bidang Morfologi Pada Karangan Siswa Kelas Vii, Smpn 11 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.8592 Hasan, J. S. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Pada Teks Karangan Siswa Kelas Ix Smp Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 8(2), 179. https://doi.org/10.30872/calls.v8i2.7536 Jumadi, J., Nurcaya, N., Samad, A. G., & Muhlis, M. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Deskripsi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1563–1577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.5028 Lubis, M. S. (2019). Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Karangan Siswa Kelas Viii-2 Mtsn 4 Tapanuli Selatan ( Tataran Morfologi ). Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 7(2), 87–90. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/865 Privana, E. O., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menulis Kata Baku dan Tidak Baku pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 22–25. http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/view/312 Ramadhani, O. F., Halidjah, S., & Ghasya, D. A. V. (2021). Deskripsi kesalahan menulis pada teks karangan siswa kelas v sekolah dasar negeri 09 pontianak barat. Jurnal Pendidikan Dan …, 10(9), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/49464/75676590615 Rusanti, R., Fathurohman, I., & Pratiwi, I. A. (2022). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Siswa Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 3995–4001. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3055 Sari, I. Y. (2017). Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Siswa Kelas X Di Smk Negeri 2 Ciamis. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 243. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.623 Setiyaningsih, D., Rosmi, F., Santoso, G., & Virginia, A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 279. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.693 Setyowati, I. D., Sulistiyawati, E., & Cahyaningrum, G. R. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dalam Laporan Hasil Observasi Siswa. Jurnal Bindo Sastra, 3(1), 1–13. https://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/1973 Tarwiyati, P. A., & Sabardila, A. (2022). Kesalahan Berbahasa pada Karangan Siswa SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 125. https://doi.org/10.29300/disastra.v4i2.4765




DOI: https://doi.org/10.24176/sinesis.v2i1.11885

Article Metrics

Abstract views : 82| PDF views : 44

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Sinesis

ISSN

e-ISSN