Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Drill Practice pada Siswa SMA

Agus Darmuki
Nur Alfin Hidayati
Vita Verliana

Abstract


Drill practice ability is one of the skills that is very important and needed in the 21st century. This research will describe a case study using the drill practice method on learning outcomes in Indonesian language subjects. This research is descriptive qualitative research, which uses the case study method. The objects of this research are all students who take language research methodology subjects. The subject of this research is Indonesian language learning using the drill practice learning model. The data collection technique in this research is by conducting interviews and observations with teachers and students in class. Drill practice in the course allows students to better understand Indonesian language concepts. Based on the research results, it can be concluded that: 1) There has been an increase in learning outcomes, 2) the drill practice method provides valuable support in understanding and developing students' skills, 3) Through the drill practice method, students can more easily apply the theory learned in practical situations. Researchers realize that there still needs to be improvement in implementing drill practice to teach Indonesian language subjects.


Keywords


Method, Learning, Language, Real Practice, Students

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bani, B. A. (2022). Penerapan Metoda Drill dalam Pembelajaran Akuntansi. JEEBA, 1(1). Baeten, M., & Simons, M. (2014). Pengajaran tim guru siswa: Model, efek, dan kondisi untuk implementasi. Keguruan dan Pendidikan Guru, 41, 92-110. Beijaard, D. (2019). Pembelajaran guru sebagai pembelajaran identitas: model, praktik, dan topik. Guru dan Pengajaran, 25(1), 1-6. Clapham, C. (2000). Penilaian dan pengujian. Tinjauan Tahunan Linguistik Terapan, 20, 147-161. Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2022). Pembelajaran PBL Kolaborasi PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan 4C pada Mata Kuliah Pragmatik. [PjBL Collaborative PBL Learning to Improve 4C Skills in Pragmatics Subjects]. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 21-27. Darmuki, A., & Hidayati, N. A. (2018). Investigasi Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Media Audio Visual dalam Mata Pelajaran Keterampilan Berbicara. Darmuki, A., Andayani, A., Nurkamto, J., & Saddhono, K. (2018, Januari). Model Pembelajaran Kooperatif, Synectics, dan CTL terhadap Kemampuan Berbicara Dilihat dari Motivasi Siswa. Dalam Konferensi Internasional ke-1 tentang Tanggung Jawab Global Intelektual (ICIGR 2017) (hlm. 75-79). Atlantis Press. Dewi, N. A. K., Trisnawati, T., & Kristina, M. (2020). Metode drill dengan pendekatan realistis untuk meningkatkan hasil belajar statistika deskriptif di perguruan tinggi. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 215-226. Diniz, A. M., & Amado, N. (2014). Prosedur keberhasilan pengumpulan data melalui tes psikologi pada lansia. Psicologia: Reflexão e Crítica, 27, 491-497. Elisa, H., Sijono, S., Bintang, V. V., & Viani, M. (2023). Penelitian Tindakan Kelas: Penggunaan Bor RantaiSimulasi Untuk Mengajar Berbicara. Jurnal Studi Pendidikan Bahasa Inggris (JEES), 6(2), 125-131. Fauzia, N., &; Lolita, Y. (2018). penggunaan drill, vocabulous (vocabulary Various) dan computer assisted language Learning (call) dalam mempelajari kosakata. JET (Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris) Adi Buana, 3(1), 11-27. Gunawan, F., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Drill And Practice Meningkatkan Kecakapan Bahasa Jepang Ungkapan Sehari-Hari. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 187– 198. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p187 Hamdayama, J. (2017). Metodologi Pengajaran.Jakarta: Bumi Aksara. Hamsir. (2017). Penerapan Metode Ekperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN Turatea Kab. Jeneponto. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 4(2), 732–741. http://journal.unismuh.ac.id/ Hardini, I. dewi puspitasari. 2017. Strategi pembelajaran terpadu (teori, konsep, & implementasi). Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media). Harland, T. (2014). Pembelajaran tentang metodologi studi kasus untuk meneliti pendidikan tinggi. Penelitian & Pengembangan Pendidikan Tinggi, 33(6), 1113-1122. Hasibuan, Y. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Drill and Practice Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Budisatrya Medan TA 2019/2020. Hoerudin, C. W. (2014). Pendidikan Harmoni sebagai Alternatif Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter. Implementation of 2013 Curriculum and Comparison of Indonesian Curriculum to Other Countries Curriculum,5(1), 103. Hoerudin, C. W. (2017). Mata Kuliah Umum Pengembangan Karakter: Bahasa Indonesia. Jakarta: Semiotika. Hoerudin, C. W. (2019). Implementatiton Of Admission Policy For New Students With Zonation Systems In Indonesia. International Journal of Humanities and Social Sciences (IJHSS), 8(5), 17–24. Hoerudin, C. W. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Dan Pemahaman Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Cerita Fiksi. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 23–30. Hoerudin, C. W. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Bentuk Buku Dongeng Fabel. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 1–10. Jarzębowicz, A., & Połocka, K. (2017, September). Memilih teknik dokumentasi persyaratan untuk proyek perangkat lunak: studi survei. Pada tahun 2017 Konferensi Federasi tentang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (FedCSIS) (hlm. 1189-1198). IEEE. Jubairiyah; Ulfah, M. W. (2020). Penerapan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Dasar Akuntansi Kelas X di SMK Panca Bhakti Sungai Raya. 1–8. Kamal, M. (2020). Research and Development (R&D) tadribat/drill madrasah aliyah class x teaching materials arabic language. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 4(1), 10-18. Leo, F.-T., & Neo, M. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education In A Malaysian University. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), 99–110. Retrieved from http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1022913.pdf Lindrawati. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Drill Siswa Kelas 1 SDN 04 Batipuah Baruah. Inovasi Pendidikan, 9(1), 27-39. McDonough, SK (2001). Cara behond drill and practice: Kegiatan lab bahasa asing dalam mendukung pembelajaran konstruktivis. Jurnal Internasional Media Instruksional, 28(1), 75. Megawati, D. (2014). Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II DI MI Muhammadiyah Danurejo Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014.Yogyakata: FITK UIN Sunan Kalijaga. Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (34th ed.). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Morgan, GA, & Harmon, RJ (2001). Teknik pengumpulan data. Jurnal-Akademi Psikiatri Anak Dan Remaja Amerika, 40(8), 973-976. Nasution, Z. A., & Prastowo, A. (2021). Analisis Pembelajaran Berbasis Teknologi Model Drill and Practice Untuk MI/SD. Jurnal PGMI, 13(1), 10–14. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i1.2972 Noprienti, L. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Metode Fonik di Taman Kanak-Kanak Islam Adzkia. Paud Pesona, 1(1), 1-10. Nugraha, F., Ginanjar, A. Y., & Nurhasanah. (2022). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 1-8. Nursehah, U. R. R. (2021). Penerapan Metode Drill and Practice Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di SDIT Enter Kota Serang. Jurnal Pendidikan, 2 No 01 T(01), 73–82. Pacol, C. A., & Patacsil, F. (2017). Bor dan praktikkan courseware di dalamnya dasar-dasar. PSU Jurnal Teknik, Teknologi dan Ilmu Komputasi, 1(1), 33-47. Padalia, A., & Yatim, H. (2020). Implementasi metode drill dalam pembelajaran seni dan budaya di SMA. Jurnal Internasional Penelitian Ilmiah & Teknologi, 9(2), 1607-1613. Parmadi, M., Rosadi, K. I., & Azim, F. (2018).Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi(Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). Putri, D., & Elvina, S. P. (2019).Keterampilan Berbahasa Di Sekolah Dasar: Melalui Metode Game’s. Penerbit Qiara Media. Prayogo, E. R. (2022). Model Pembelajaran Drill And Practice untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Expression Of Congratulations pada Siswa Kelas IX B Di SMP Negeri 2 Bangsalsari Jember. Jurnal Simki Pedagogia, 5(1), 45–55. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i1.112 Prediger, S., Gravemeijer, K., & Confrey, J. (2015). Desain penelitian dengan fokus pada proses pembelajaran: Gambaran umum tentang pencapaian dan tantangan. ZDM, 47, 877-891. Octaviani, S., & Sufianti, A., V. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Penerapan Metode Drill and Practice. Indonesian Research Journal on Education. 2(2), 441-933. Octaviani, S., & Tias, I. W. (2021). Peningkatan Keterampilan Dasar Mnegajar Mahasiswi PGPAUD Pada Kelas Microteaching Melalui Metode Drill and Practice. PEDAGODI: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 81-100. Rachayu, I., Jauhariansyah, S., & Juwita, E. (2020). Pemanfaatan Metode Drill and Practice Pada Sub Pokok Class Diagram Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(2), 98– 103. https://doi.org/10.33258/jder.v1i2.1048 Rathakrishnan, M., Raman, A., Haniffa, M. A., Mariamdaran, S. D., & Haron, A. (2018). Aplikasi latihan dan praktik dalam mengajar sains untuk siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Internasional Pendidikan, Psikologi dan Konseling, 3(7), 100-108. Sáiz Manzanares, M. C., Marticorena Sánchez, R., García Osorio, C. I., & Díez-Pastor, JF (2017). Bagaimana B-learning dan pola belajar mempengaruhi hasil belajar?. Perbatasan dalam Psikologi, 8, 745. Saman. (2018). Penerapan Metode Drill And Practice untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Komputer Akuntansi Spreadsheet. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 43–50. http://www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/77 Sari, N. M. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2015/206. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 4(2), 125. Sari, V. F., Afriyenti, M., & Betavia, A. E. (2019). Drill and Practice Sebagai Metode Pembelajaran Alternatif Untuk Mata Pelajaran Pratikum Akuntansi Manufaktur di Sekolah Menengah Kejuruan. Wahana Riset Akuntansi, 7(2), 1541. https://doi.org/10.24036/wra.v7i2.106937 Sunarti, S., Bukhori, H. A., Sarjono, D., & Widyatmoko, T. (2023, April). Pelaksanaan model pembelajaran drill and practice serta masalah terbuka untuk mengetahui minat belajar. Dalam International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC 2022) (hlm. 331-338). Atlantis Press. Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9–16. Vesin, B., Mangaroska, K., & Giannakos, M. (2018). Belajar di lingkungan cerdas: desain dan analitik yang berpusat pada pengguna dari sistem pembelajaran adaptif. Lingkungan Belajar Cerdas, 5, 1-21. Wah, YT, & Umar, I. N. (2014). Pengaruh drill and practice courseware terhadap prestasi dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Jurnal Internasional Sosial, Perilaku, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis dan Teknik Industri, 8(12), 3683-3688. Wickham, H., & Wickham, H. (2016). Analisis data (hlm. 189-201). Penerbitan Internasional Springer. Yasmin, Z. (2019).Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh(Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Yu, F. Y., & Chen, YJ (2014). Pengaruh pertanyaan yang dihasilkan siswa sebagai sumber kegiatan latihan dan praktik online pada pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Inggris, 45(2), 316-329. Zaman, S. N., & Hakim, P. R. (2022). Upaya guru dalam melatih keterampilan menulis pemula untuk siswa tingkat dasar menggunakan metode drill. JENIUS (Jurnal Kebijakan Pendidikan dan Masalah Pendidikan Dasar), 3(2), 92-101.




DOI: https://doi.org/10.24176/sinesis.v1i1.13122

Article Metrics

Abstract views : 9| PDF views : 3

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Sinesis

ISSN

e-ISSN