ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA IKLAN TRAVELOKA PAK MONO

Ayu Puji Lestari
Amarta Kholifatul Insyiroh
Khalimatus Sa’adah

Abstract


Tujuan dari penelitian pragmatik pada iklan Traveloka Pak Mono adalah untuk mengetahui kompleksitas tindak tutur ilokusi . Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informasi yang dipaparkan berupa bentuk tindak tutur ilokusi pada iklan Traveloka. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui hasil menonton dari Youtube. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah catat. Teknik penelitian ini dilakukan dengan mendengarkan secara baik pada iklan jasa pelayanan transportasi. akomodasi, aktivitas dan gaya hidup, serta keuangan, kemudian menyimak sumber data yang ada, dan yang terakhir mencatat data yang diperoleh dari sumber data yang telah diperoleh sebagai penunjang penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ialah model analisis interaktif. Tahap analisis Pertama, yaitu mengumpulkan data berupa iklan jasa pelayanan transportasi, akomodasi, aktivitas dan gaya bidup serta keuangan. Kedua, mencatat secara detail dan akurat hal yang ditemukan dalam tindak tutur pada iklan jasa transportasi, akomodasi, aktivitas dan gaya bidup serta keuangan. Ketiga, memaparkan data yang bertujuan untuk memudahkan peneliti dalam memahami data. Keempat, yaitu penarikan simpulan dari data yang sudah diperoleh sebelumnya. Hasil penelitian ini terdapat beberapa tindak ilokusi yaitu tindak tutur ilokusi arsetif, tindak tutur ilokusi direktif, dan tindak tutur ilokusi komisif.

Keywords


Tindak Tutur Ilokusi Arsetif, Direktif, dan Komisif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifiany, N., & Trahutam, M. P. R. S. I. (2016). Pemaknaan Tindak Tutur Direktif Dalam Komik . Jurnal Japanese Literature, 2(1), 1–11.

Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pidato Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2023). Metode Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pragmatik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.3013

Murti, S., Nisai Muslihah, N., & Permata Sari, I. (2018). Tindak Tutur Ekspresif dalam Film Kehormatan di Balik Kerudung Sutradara Tya Subiakto Satrio. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 17–32. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.7

Sagita, V. R., & Setiawan, T. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Ridwan Kamil dalam Talkshow Insight di CNN Indonesia. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 9(2), 187.

Sikana, A. M., & Linda Fadillah, R. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Fair and Lovely di Televisi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 93–104.


Article Metrics

Abstract views : 29| PDF views : 28

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Sinesis

ISSN

e-ISSN