Analisis Majas dan Citraan dalam Novel Renjana karya Elalicia

Isna Fatkhur Rohmah
Ginasti Mareta Rahayu
Nabila Sahida Putri

Abstract


Bahasa dalam karya sastra merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sedangkan majas dan citraan didalam novel itu sendiri merupakan bentuk dari penggambaran cerita yang ingin penulis sampaikan pada pembaca. Setiap penulis memiliki gaya mereka sendiri untuk membangun suasana dalam novel. Renjana merupakan novel yang sangat menarik untuk dikaji lebih jauh mengenai majas dan citraan yang ada didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan novel Renjana sebagai sumber data. Hasil dari penelitian ini ditemukan citraan gerak sebanyak 60 data, citraan penglihatan sebanyak 20 data, citraan pendengaran sebanyak 19 data, citraan perabaan sebanyak 10. Sedangkan untuk citraan pencecapan peneliti tidak menemukan datanya dalam novel Renjana ini.


Keywords


Citraan; Majas; Style; Novel

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fathurohman, I. (2019). EKSISTENSIALISME PUISI MBELING KARYA REMY SYLADO . Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Era Fajira, F. W. (2021). ANALISIS CITRAAN YANG TERDAPAT DALAM PUISI “PESAN” KARYA SOE HOK GIE . Bahterasia , 1-6.

Impon Badri, H. ,. (2021). ANALISIS CITRAAN DALAM ANTOLOGI PUISI TITIP PESAN PADA TUHAN KARYA LENGGOK MEDIA PRODUCTION ROKAN HULU . Literatur , 1-8.

Nindi Riski Marsela, S. U. (2018). ANALISIS CITRAAN DALAM ANTOLOGI PUISI RUMAH CINTA KARYA PENYAIR JAMBI . Aksara , 57-66.

Laila, A. (2016). CITRAAN DALAM KUMPULAN PUISI MANGKUTAK DI NEGERI PROSALIRIS KARYA RUSLI MARZUKI SARIA . JURNAL GRAMATIKA , 12-24.

Ibrahim, S. (2015). ANALISIS GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN NOVEL MIMPI BAYANG JINGGA KARYA SANIE B. KUNCORO . Jurnal Sasindo Unpam , 3, 35-57.

Nardia Susanti, A. M. (2013). MAJAS DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra , 1, 356-362.

Nafinuddin, S. (2020). Majas (Majas perbandingan, majas pertentangan, majas perulangan, majas pertautan).

Nindi Riski Marsela, S. U. (2018). ANALISIS CITRAAN DALAM ANTOLOGI PUISI RUMAH CINTA KARYA PENYAIR JAMBI. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2, 57-66.

Yono, R. R., & Mulyani, M. (2017). Majas dan citraan dalam novel kerling si janda karya taufiqurrahman al-azizy. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 200-207.

Khomarudin, K., Sutejo, S., & Suprayitno, E. (2022). Citraan dalam Novel Cinta Di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia. LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.24176/sinesis.v1i2.9636

Article Metrics

Abstract views : 418| PDF views : 90

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Sinesis

ISSN

e-ISSN