Pemberdayaan Berbasis Mutu Produk Dan Layanan PKL Makanan Di Bantaran Sungai Tlogosari Raya Kota Semarang

- Sukirman
Iwan Suroso
Umar Chadiq

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki kemampuan pedagang kaki lima (PKL) di bantaran sungai Tlogosari Raya Kota Semarang agar dapat meningkatkan mutu produk dan layanan dengan berbasis kunci-kunci manajemen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan yang dilakukan dua kali putaran. Kegiatan terdiri dari perenungan, perencanaan, tindakan disertai dengan observasi, dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah pemilik PKL yang berada di bantaran sungai Tlogosari Raya Kota Semarang berjumlah 190 orang, sampel berjumlah 30 orang dengan menggunakan metode purposive sample. Instrumen penelitian berupa lembar observasi yang memuat jenis kemampuan meliputi: 1). memahami keinginan pelanggan, 2). meningkatkan jumlah pelanggan, 3). mengontrol biaya, 4). menggerakkan karyawan agar tumbuh kinerja yang positif, 5). membuat produk yang baik, 6). memberi pelayanan yang memuaskan pelanggan. Metode pengumpulan data dengan cara mengobservasi perilaku pedagang selama mengikuti program penelitian. Data dianalisis dengan diskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan dapat disimpulkan: (1) pendampinan dan bimbingan individual dengan pendekatan kolaboratif memberikan pengaruh terhadap peningkatan kinerja PKL baik komponen perencanaan bisnis mapun komponen pelaksanaan bisnis, dan (2) peningkatan kinerja PKL mengakibatkan terjadinya peningkatan pada hasil penjualan bagi PKL, yang dampaknya terjadi peningkatan kesejahteraan bagi para pelaku PKL.


Teks Lengkap:

PDF PDF

Article Metrics

Abstract views : 318| PDF views : 161 PDF views : 123

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.