Pengaruh Kinerja Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMK)

Fitri Nugraeni

Abstract


Penelitian mengenai pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa/murid sudah banyak dilakukan, tetapi penelitian ini dilakukan di lingkungan perguruan tinggi dengan responden para mahasiswa. Penulis merumuskan suatu hipotesis, yaitu diduga kinerja dosen memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus (FE UMK) semester II pada mata kuiah Statistik I.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional. Responden merupakan mahasiswa FE UMK semester II yang mengambil mata kuliah Statistik I. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 47 orang, sehingga telah memenuhi syarat minimal sampel 30 % dari populasi (138 mahasiswa). Data primer didapat dari hasil jawaban responden pada kuesioner yang disebarkan sedangkan data sekunder daiperoleh dari studi pustaka. Metode analisis data menggunakan regresi linear dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian didapat bahwa nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,88 atau 88%, maka hasil penelitian dapat diinterpretasikan bahwa kinerja dosen berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, artinya jika kinerja dosen meningkat maka motivasi belajar juga meningkat. Serta sebesar 12% motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi faktor lain

Keywords : kinerja dosen, motivasi belajar


Teks Lengkap:

PDF PDF

Article Metrics

Abstract views : 1536| PDF views : 1375 PDF views : 624

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.