Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Anak Slow Learner Melalui Terapi Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar

Trubus Raharjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peningkatan kemampuan daya ingat melalui terapi kognitif pada anak slow learner pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Karanganyar 1 Kecamatan Karanganyar Kab. Demak sebagai penyelenggara SD Inklusi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswa yang termasuk dalam kategori anak berkebutuhan khusus yang berkategori sebagai anak slow learner (lambat belajar). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 00 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada siswa melalui terapi kognitif dengan menggunakan metode one group pre test-post test design.

Hasil pengolahan data menunjukkan koefisien beda t1.2 sebesar 2,535 dengan p sebesar 0,021 (p kurang dari 0,05). Hal ini juga ditunjukkan dengan perbedaan rerata keduanya yaitu rerata post tes data kemampuan daya ingat siswa SD yang slow learner sebesar 19,11 lebih tinggi dibandingkan dengan retata pre tes data kemampuan daya ingat siswa SD yang slow learner sebesar 16,47. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre tes dan post tes terhadap kemampuan daya ingat anak slow learner pada siswa SD sebelum dan sesudah diberikan perlakukan dengan terapi kognitif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan kemampuan daya ingat sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan terapi kognitif pada anak slow learner, di mana kemampuan daya ingat anak slow learner lebih tinggi setelah diberikan perlakuan daripada sebelum diberikan perlakukan.


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 5097| PDF views : 7552

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.