Supportif Relationships dan Kecerdasan Moral Sebagai Pengendali Perilaku Agresif

Latifah Nur Ahyani
Fajar Kawuryan

Abstract


Supportif relationships dan kecerdasan moral pada masa anak seringkali dianggap hal yang tidak terlalu penting, sedangkan perilaku agresif pada anak adalah hal yang wajar, padahal hubungan yang mendukung bagi perkembangan anak yang berkualitas dan penanaman nilai-nilai positif pada masa anak sangat penting dan perilaku agresif yang dibiarkan tanpa penanganan akan berlanjut hingga dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris hubungan antara supportif relationships dan kecerdasan moral dengan perilaku agresif anak.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien korelasi dari ketiga variabel rx1,2y sebesar 0,687 dengan p sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara supportif relationship dan kecerdasan moral dengan perilaku agresif. Dengan demikian hipotesis mayor yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Besarnya koefisien antara kedua variabel rx2y sebesar -0,678 dengan p sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecerdasan moral dengan perilaku agresif. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Besarnya pengaruh supportif relationship dan kecerdasan moral terhadap perilaku agresif tampak pada sumbangan efektif yang cukup besar yaitu sebesar 47,1 %. Sumbangan efektif yang cukup besar ini

Teks Lengkap:

PDF PDF

Article Metrics

Abstract views : 183| PDF views : 79 PDF views : 55

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.