Analisis Pengaruh Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Universitas Muria Kudus

Panca Winahyuningsih
Mochammad Edris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas pembelajaran dan kualitas pelayanan dalam hubungannya dengan kepuasan dan loyalitas mahasiswa Universitas Muria Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muria Kudus yang masih terdaftar dan aktif sampai dengan tahun akademik 2010/2011 berjumlah 5974 mahasiswa. Dengan menerapkan rumus Slovin maka diperoleh sampel sejumlah 375 mahasiswa yang diambil dengan metode purposive sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalitas mahasiswa dapat dibangun dari variabel pembelajaran melalui kepuasan mahasiswa, dan loyalitas mahasiswa juga dapat dibangun dari variabel kualitas pelayanan melalui kepuasan mahasiswa.

Keywords : Pembelajaran, kualitas pelayanan, kepuasan dan loyalitas


Teks Lengkap:

PDF PDF

Article Metrics

Abstract views : 529| PDF views : 242 PDF views : 240

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.