Pengaruh Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris

Slamet Utomo

Abstract


In addition to formal and non-formal education, English language skills in this modern era can also be improved in various ways, both structured and independent. One way that can be done to improve English skills independently is by listening to English songs. This study aims to determine whether there is an effect of listening to English songs on improving English language skills. The type of research used in this study is quantitative. The study was conducted on English Education students at Muria Kudus University. Based on the results of the study obtained from 83 research respondents who attended, it can be seen that listening to English songs can improve English listening, pronunciation, reading, understanding and writing skills

Keywords


Song, Improvement, Ability, English

References


Afroch, N. (2021). Analisis Pengaruh Bahasa Pertama terhadap Bahasa Target pada Siswa Multilingual di Kampung Inggris. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(1), 92–95. https://doi.org/10.17977/jptp Agustina, E., Purbasari, I., & Ristiyani, R. (2020). Alat Peraga Engklek Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Menggali Pengetahuan Baru Siswa. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 93–98. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5082p.v6i1.14395

Amelia, D., & Fatyra, A. (2024). Meningkatkan keterampilan mendengarkan pembelajar EFL Indonesia melalui lagu bahasa Inggris: Pendekatan ALM. Karimah Tauhid, 3(5), 5822–5832. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13236

Arwati, N. M., & Fadillah, S. (2019). Pengaruh Gerak Dan Lagu (Music And Movement) terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Kasih Ibu. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 67–75.

Astuti, N. D., Ahsin, M. N., & Masfuah, S. (2020). Efektivitas Model Group Investigation Berbantuan Media Watak Kalinyamatan Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5001

Azzahra, S. (2024). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa SD. PGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.142

Budianingsih, R., Amalia, A. R., & Khaleda, I. (2021). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas Rendah. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 302–310. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3209

Eryon, E., Alrajafi, G., & Maretha, C. (2023). Pengaruh Penggunaan Lagu Terhadap Kemampuan Pronunciation Siswa Di Era Merdeka Belajar. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 472–480. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11609

Lestari, Y., & Maufur, S. (2022). Pengaruh Media Lagu terhadap Vocabulary Skills Bahasa Inggris Siswa Kelas IV MISALAFIYATUL Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE), 4(2), 90–100.

Lolong, S., Marentek, A., & Rattu, J. A. J. (2019). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan lagu bahasa Inggris untuk pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/24185

Mistianingrum, Susilawati, & Sondari, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Lagu Bahasa Inggris Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Siswa Kelas Viii Smpn 209 Jakarta. DINAMIKA: Prosiding Diseminasi Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 405–415.

Ningsih, D. A., Sholeha, Sihombing, G. D., Azarah, S. A., Pancenang, S. A., & Novitasari, Y. (2024). Strategi pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui Pendekatan Gerak dan Lagu. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 92–109. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.19764

Prayoga, A. N., Budiwati, T., & Utami, L. R. W. (2023). Edukasi Dan Sosialisasi Pemeriksaan Panaoramic Dalam Menunjang Pelayanan Pemeriksaan Gigi Pada Mahasiswa Keperawatan Gigi. Jurnal Implementasi Pengabdian Masyarakat Kesehatan (JIPMK), 5(1), 23–25.

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik Dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35–40. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330

Saraka. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 17(1), 79–94. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629

Setiawaty, R. (2024). Eksplorasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di SD 2 Kesambi Kudus. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(3), 474–485.

Silvia, I., Aini, A. N., Rosyada, A. A., Samodra, T., & Masfuah, S. (2022). Validitas Pop Up Craft Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengenalkan Huruf Angka Siswa Tunagrahita. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 130–134. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i2.9093

Simatupang, G. E., Sinambela, R., Manurung, A. O. P., Anggraini, D. F., Purba, T. M., Herman, H., Saragih, S. T., Hasibuan, R., & Siahaan, S. H. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris di Kelas 4 SD Swasta GKPS 2 Pematang Siantar. Beru’-Beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 16–25.

Tagal, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Lagu Pada Era Pandemic Covid-19 Untuk Meningkatkan Kemahiran Mendengar Dalam Bahasa Inggris. Journal of Empowerment and Community Service (JECSR), 1(01), 15–18.

Suprapto, Y., & Handoyo, E. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Sinau Bareng Komunitas Maiyah Galuh Kinasih Bumiayu. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 88–95. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.6283

Utami, L. R. W. (2024). Edukasi Processing Film Radiografi Manual Pada Mahasiswa Baru Program Studi Radiologi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 3(4), 148–153.

Utami, L. R. W., Prayoga, A. N., Silfina, R. O., & Annisa, A. (2024). PkM Pendampingan Pelayanan Prima Radiologi Pada Calon Radiografer Di Universitas Widya Husada Semarang. Hawa : Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 64–67.

Utami, R. M. A. W., Utami, L. R. W., Utomo, S., & Damayanti, F. (2024). Edukasi Penyakit Tuberkulosis Paru pada Mahasiswa Vokasi Dilihat dari Aspek Pemeriksaan Radiologi dan Pengobatannya. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 6(1), 24–28. https://doi.org/10.24176/mjlm.v6i1.12348

Utami, R., Ritonga, S. A., & Yulizar, I. (2024). Pengaruh Media Lagu Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Di Kb Permata Bunda Kecamatan Rantau Selatan. Qalam Lil Athfal, 2(2), 16–25.

Wahidah, D., Millah, K. F., Syaadah, L. S., & Arifin, M. U. (2024). Pengaruh Media Lagu dan Permainan Edukatif terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas III SDN Imbanagara Raya-Ciamis. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2(2), 181–190.

Wahyuningrum, P. M. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Lagu Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Di STIPAS Tahasak Danum Pambelum Palangka Raya. In Jurnal Masalah Pastoral (Vol. 7, Issues 0–1, pp. 32–38). https://doi.org/10.60011/jumpa.v7i0-1.77

Wati, N. S. (2018). Pengaruh Stimulasi Mendengarkan Lagu Dan Bernyayi Terhadap Perkembangan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 75–83. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1081




DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v6i1.14977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

gs 

  

 

in Collaboration with:

gs

 Visitor:

Free counters!