Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Game Teka Teki Silang Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Saiful Anam
Sekar Dwi Ardianti
Much Arsyad Fardani

Abstract


The purpose of this study is to analyze the application of the Numbered Head Together learning model assisted by Crossword Game media in improving student learning outcomes.

The research method used is classroom action research (CAR). The research was carried out from March 21 2022 to March 28 2022 in class IV SD 1 Gulang Mejobo Kudus. Data collection techniques used are tests, documentation, and observation. Data validation uses the opinion of experts (Experts Judgment) by Ms. Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd., and Mr. Much. Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd. Data analysis in this study used quantitative and qualitative data.

The results showed that the learning outcomes of students' knowledge domain increased significantly between the first cycle of 70.29% and the second cycle of 74.70%. This proves that the application of the Numbered Head Together learning model assisted by the Crossword Puzzle Game media can improve the learning outcomes of fourth grade students at SD 1 Gulang.


Keywords


learning outcomes, number head together, media crosswords

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulhak, Ishak dan Suprayogi, Ugi. (2013). Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Artha, Merna Yunia., Kanzunnudin, Mohammad., & Purbasari, Imaniar. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together BerbantuPermainan Ular Tangga Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 121-126

Devi, Lisna., Pudjawan
Ketut., & Suranata, Kadek . (2019). PENGARUH Model Nhtberbantuan Kartu Pertanyaan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III. Inopendas : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2).

Firdayanti, Runita., Fajrie, Nur., & Sumarwiyah. (2021) Penerapan Model Numbered Head Together Berbantu Gambar Ilustrasi UntukMeningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa SD. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2),68-73

Hamdayana, Jumanta. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Murtono. (2017). Merencanakan dan Mengelola Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ponorogo: Wade Group.

Murtono. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ponorogo: Wade Group.

Musdalifa, Naella Ichdatul., Murtono., & Oktavianti, Ika. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Tipe NHT Siswa Kelas V SDN 5 Ngembalrejo. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1).

Nadhiroh, Ro’sin., Relmasira,Stefanus C., & Rahayu, Tri Nur Ana. (2019). Penerapan model NHT melalui pendekatan saintifik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar tematik siswa. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Volume 2 Nomor 1 (Januari) 2019, Hal. 184-193

Shafa, S. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1), 81-96. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.9

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-ruz Media.

Sumarni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dengan Pemanfaatan Alat Peraga Sederhana Materi Pembagian Siswa Kelas II. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 61-68.




DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v4i1.8699

Article Metrics

Abstract views : 351| PDF views : 269

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Terindeks:

gs 


 

 Visitor:

Free counters!