APLIKASI INSTRUMENTASI TERPADU BERBASIS KOMPUTER: ALTERNATIF MEDIA PEMAHAMAN DIRI SISWA

Akhmad Rifa`i

Abstract


Rumusan masalah yang akan diteliti adalah (i) data pribadi apa sajakah yang diperlukan untuk membantu dalam pemahaman diri siswa? (ii) apakah program pengolahan dan penyajian data pribadi siswa berbasis komputer dapat meningkatkan efektivitas pemahaman diri siswa? Penelitian ini dirancang dengan model penelitian pengembangan yaitu pengembangan program pengolahan dan penyajian data pribadi siswa berbasis komputer (AIT) untuk meningkatkan efektivitas pemahaman diri terhadap siswa. Subjek penelitian ini adalah konselor dua sekolah yaitu SMA 1 Bae Kudus dan SMA 1 Kudus. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah two tail t-test yang fungsinya membandingkan persepsi konselor mengenai efektivitas P3PD dalam membantu memahami siswa sebelum dan sesudah menggunakan AIT. Hasil penelitian diperoleh t-test = -14,45 lebih besar dari ttabel sebesar 1,75 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model aplikasi instrumentasi terpadu ini dapat meningkatkan efektivitas pemahaman diri siswa.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.289

Article Metrics

Abstract views : 895| PDF views : 2419

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.